Jumat, 26 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Features
Wisata Kampung Menjing, Kelurahan Gayam, Suko

Pacu Adrenalin Lewati Aliran Tubing

Unik, Berada di Perkotaan

17 Maret 2019, 15: 30: 59 WIB | editor : Perdana

Pacu Adrenalin Lewati Aliran Tubing

TANGAN kreatif warga Kampung Menjing berhasil menyulap saluran irigasi menjadi wahana wisata air yang menyenangkan. Ada wisata tubing yang berbeda dari biasanya. Jika kebanyakan wisata tubing di daerah pinggiran lereng gunung,seperti Kemuning, Karanganyar, tubing Kampung Menjing berada di tengah kota. Keunikan itu yang jadi pembeda dari wisata tubing lainnya.

Wisatawan akan dibawa dengan pelampung dari ban bekas melewati sepanjang 800 meter aliran sungai. Tantangannya adalah melewati jembatan bersama arus deras dari saluran air. Mereka menjamin kebersihan air di lokasi tersebut. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir. Biaya untuk menyusuri tubing ini juga tidak terlalu mahal dan ramah dikantong. Cukup Rp 5.000.

Nuansa menyusuri tubing tengah kota ini berbeda 180 derajat dibanding pada umumnya yang melewati bebatuan. Tubing di Kampung Menjing unik lantaran melewati kolong - kolong jembatan warga. Ada beberapa jembatan dengan berbagai ukuran sempit yang nantinya dilewati. 

Jembatan pertama sedikit menjulang ke bawah. Sehingga saat melewati air terasa seperti terjatuh. 

Selama mengikuti tubing, anda juga dikelilingi pemandangan alam yang asri. Persawahan juga luas membentang di lokasi sekitar.

Khusus mereka yang ingin outbond juga disediakan paket khusus. Satu orang membayar Rp 35 ribu. Satu rombongan outbond bisa sampai 20 orang. Jadi biaya satu rombongan total Rp 700 ribu. Mereka mendapatkan paket outbond, edukasi alam seperti bercocok tanam, beternak bebek, ikan, kambing dan sapi. Panitia juga menyediakan snack.

Panitia Tubing Kampung Menjing Irvani Agus Pradana mengatakan, untuk tiket masuk per orang Rp 5.000. Itu sudah termasuk sewa rompi pelampung, sepatu karet, helm, dan karet ban untuk tubing. Satu rombongan berisi enam orang.

”Kita ada paket outbond dan paket tubing biasa,” papar dia ditemui koran ini di lokasi di RT 3 RW 9, Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo.

Ketua Panitia Outbond Desa Menjing Bangkit Dwi Nugraha menambahkan, paket outbond nanti akan diakhiri juga dengan tubing bersama. ”Untuk tubing ini kami jamin aman untuk anak-anak karena medannya tidak begitu menyeramkan tidak ada batu-batuan,” papar dia.

Selain tubing, ada permainan perang bantal, Kapal Selfie, dan lain sebagainya. Ada juga pameran tanaman dari KWT Kenangan yang dinahkodai oleh ibu-ibu menjing. ”Taman Menjing Asri yang digagas oleh bapak-bapak sekitar. Semuanya dikelola oleh warga,” tandasnya. (yan/adi)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia