Jumat, 26 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Rakornas ADUPI Bahas Bank Sampah di Pedesaan

18 Maret 2019, 12: 11: 19 WIB | editor : Perdana

KOMPAK: Anggota ADUPI foto bersama usai Rakornas di The Adhiwangsa Hotel Solo.

KOMPAK: Anggota ADUPI foto bersama usai Rakornas di The Adhiwangsa Hotel Solo. (SERAFICA GISCHA P/RADAR SOLO)

SOLO – Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2019. Berlangsung di Hotel The Adhiwangsa Solo, Jumat (15/3). Rakornas ini mengagendakan program-program pembionaan dan pengembangan bank sampah.

Ketua Umum ADUPI, Christine Halim mengatakan, asosiasi ini terbentuk karena ada satu kepentingan bersama. Yakni para pelaku daur ulang plastik yang memiliki masalah Pajak Pertambahan Nilai (PPN). PPN seharusnya tidak memberatkan industri daur ulang, khususnya plastik.

Masalah lainnya, yakni izin usaha yang cukup rumit. Nah, ADUPI hadir untuk memberi masukan kepada pemerintah. Dalam upaya membantu menangani masalah sampah plastik.

”Rakornas ini mengajak para anggota kompak menghadapi isu-isu yang cukup mengganggu industri daur ulang plastik. ADUPI akan menciptakan program-program dalam pembinaan dan pengembangan bank-bank sampah di setiap desa atau kelurahan di seluruh Indonesia,” jelas Christine kepada Jawa Pos Radar Solo.

Christine berharap seluruh anggota ADUPI membina hubungan baik dengan pemerintah daerah. Sehingga pemerintah daerah bisa memahami keberadaan ADUPI sebagai pelopor kebersihan. Serta berperan aktif melestarikan lingkungan hidup lewat daur ulang sampah plastik.

Rakornas juga memunculkan sejumlah keputusan strategis. Di antaranya menyikapi kebijakan pemerintah daerah dalam pelarangan penggunaan kantong plastik, PS foam atau styrofoam, sedotan plastik, cukai kantong plastik, serta PPN daur ulang plastik.

Sementara itu, Rakornas juga mengangkat Wakil Ketua Umum ADUPI yang baru, Justin Wiganda. Serta membentuk 2 Komisariat Pengurus Daerah (KPD) ADUPI untuk memperkuat jejaring daerah. Yakni KPD Provinsi Nusa Tenggara Barat serta KPD Provinsi Papua dan Papua Barat.

”Rakornas ini rangkaian perayaan HUT Adupi ke-4. Harapannya semakin solid dan menjadi industri daur ulang plastik yang terus berkomitmen mementingkan lingkungan sekitar. Terima kasih kepada seluruh anggota dan panitia pelaksana yang telah bekerja maksimal. Sehingga acara rakornas berjalan baik dan lancar,” ucap Christine. (adv/gis/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia