Kamis, 25 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Pemkot Lebih Selektif Tentukan Penghuni Rusunawa

21 Maret 2019, 16: 11: 04 WIB | editor : Perdana

SEWA MURAH: Rusunawa Mangkubumen termasuk yang diminati warga. Pemkot memberlakukan seleksi agar penghuni tepat sasaran.

SEWA MURAH: Rusunawa Mangkubumen termasuk yang diminati warga. Pemkot memberlakukan seleksi agar penghuni tepat sasaran. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

SOLO – Sedikitnya 500 warga mengantre menempati rumah susun sederhana sewa (rusunawa). Pemkot akan melakukan seleksi agar penghuni rusunawa tepat sasaran.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Heri Sunardi mengatakan, ratusan warga itu telah mendaftar sejak beberapa tahun silam.

“Akan diseleksi sesuai antrean yang sudah masuk. Setelah seleksi, kita isikan ke rusun-rusun yang disegel maupun rusun lain,” katanya, Rabu (20/3).

Pengisian rusunawa dilakukan melalui beberapa pertimbangan. Di antaranya lokasi pekerjaan, lokasi sekolah anak, serta keberadaan kerabat. Sedangkan rusunawa yang diminati yakni Semanggi, Mangkubumen, dan Panularan. 

Pemkot berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas hunian tersebut dengan bijak. Sebelumnya, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo sebelumnya telah melakukan evaluasi pemanfaatan rusunawa. Sebab, rusunawa sekadar batu loncatan sebelum memiliki hunian sendiri.

“Kita penginnya mereka tidak tinggal terus di sana. Karena bayar sewanya relatif murah, kan bisa menabung untuk beli tanah atau rumah. Kalau misalnya tetap di situ, paling tidak anak-anaknya tidak di situ. Jangan sampai tinggal di rusunawa dari bapaknya, anaknya sampai punya cucu. Itu harapan pemerintah,” beber dia.

Wali kota juga sempat menyinggung aturan batasan tinggal di rusunawa maksimal lima hingga enam tahun. Setelah itu, kamar yang mereka gunakan bisa dipakai warga lain yang lebih membutuhkan. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia