Jumat, 26 Apr 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Kepala Bappeda Kandidat Terkuat Sekda

22 Maret 2019, 17: 41: 39 WIB | editor : Perdana

Kepala Bappeda Kandidat Terkuat Sekda

SOLO – Jika tidak ada perubahan jadwal, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo bakal melantik sekretaris daerah (Sekda) definitif hari ini, Jumat (22/3). Nama Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Ahyani menjadi kandidat terkuat.

Pesaing Ahyani, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Rachmat Sutomo merasa lebih nyaman di posisinya yang sekarang. Rachmat juga tidak berambisi untuk duduk di kursi sekda.

“Saya di sini saja (BKPPD,Red), biar yang lain,” ucap pria yang pernah menjadi pelaksana tugas (Plt) sekda pada 2016.  

Bagi Rachmat, menjadi sekda memiliki konsekuensi yang besar terhadap jalannya pemerintahan. Dia menilai kandidat lain memiliki kemampuan lebih dibandingkan dirinya.

“Setiap saat harus siap. Mulai dari anggaran sampai mewakili wali kota maupun wakil wali kota di sebuah acara,” ujarnya.

Dalam forum tidak resmi belum lama ini, salah seorang kepala organisasi perangkat daerah (OPD) juga menyebut nama Ahyani sebagai calon sekdan yang akan dilantik hari ini.

Pejabat tersebut yakin Ahyani adalah nama yang dipilih wali kota dari tiga nama yang disodorkan oleh panitia seleksi (pansel). Selain Rachmat dan Ahyani, sebenarnya ada satu nama yang menjadi kandidat sekda, yakni Suwarta.

Namun, karena alasan kesehatan, kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surakarta itu hampir tidak mungkin diangkat sebagai sekda.

Sementara itu, Ahyani tidak banyak bicara terkait rencana pelantikan sekda hari ini. Saat Jawa Pos Radar Solo menanyakan kesiapannya, dia memilih membahas hal lain. “Wah, jangan,” ucapnya sembari berbalik badan.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menyebut telah mengantongi satu nama sekda definitif. Namun, Rudy belum bersedia membuka identitas sekda terpilih hingga acara pelantikan digelar. 

Perjalanan mencari sekda definitif cukup panjang. Sejak Budi Yulistyanto pensiun per 1 Agustus 2018, kursi sekda diampu oleh penjabat (Pj) Sekda Untara hingga sekarang. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia