23.7 C
Surakarta
Saturday, 28 January 2023

Muktamar 48 Muhammadiyah & 'Aisyiyah di Kota Solo

Muktamar adalah permusyawaratan tertinggi di Muhammadiyah. Selain momen regenerasi, Muktamar adalah momen silaturahmi dan kolaborasi warga persyarikatan se-Indonesia bahkan Dunia. Muktamar tahun ini merupakan Muktamar ke-48 yang akan dilaksanakan pada 18-20 November 2022 di Solo, Jawa Tengah.

HomeDaerahSoloPanitia Muktamar Buka Sistem Sego Pethuk, Masyarakat Boleh Sumbang Makanan

Panitia Muktamar Buka Sistem Sego Pethuk, Masyarakat Boleh Sumbang Makanan

Published on

Video Muktamar

RADARSOLO.ID – Selain dari dapur umum Muhammadiyah, masyarakat Solo juga dapat ikut berkontribusi meyumbangkan makanan bagi para penggembira Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah. Koordinator dapur umum Muhammadiyah membuka sistem sego pethuk bagi masyarakat yang ingin berbagi.

Koordinator Dapur Umum Muhammadiyah Mursito mengatakan, sistem sego pethuk sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan konsumsi para penggembira muktamar.

”Jadi nanti sistemnya masyarakat yang mau menyumbangkan makanannya bisa diberikan melalui ranting cabang Muhammadiyah di setiap kawasan. Sumbangan dari masyarakat tersebut juga sebagai bukti syiar agama untuk saling membantu dan bersedekah,” ungkapnya, Kamis (17/11).

Meskipun dari sumbangan masyarakat, Mursito menjelaskan makanan tersebut juga akan tetap melalui uji kelayakan dan kesehatan oleh tim medis. Labeling tetap dilakukan untuk memudahkan pelacakan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

”Kadang banyak dari masyarakat yang juga ingin ikut bersedekah dengan mengirimkan makanan mentah maupun matang. Selama kegiatan, muktamar itu tetap dapat dilakukan melalui masing-masing ranting di daerahnya,” imbuhnya.

Mursito menyebut, logistik makanan untuk penggembira muktamar diperkirakan akan aman sampai penutupan. Jika kurang, Mursito mengatakan, akan mudah mendapatkan bantuan tambahan logistik mengingat tingginya antusias kader Muhammadiyah yang ingin ikut berkontribusi.

”Hubungan antarkader Muhammadiyah ini sangat erat, jadi misal pun nanti kurang apa-apa tinggal bilang pati batuan datang dari mana-mana” ucap Mursito.

Sementara itu, tidak hanya mengandalkan dapur umum Muhammadiyah. Beberapa sekolah juga membuat dapur untuk para penggemar yang menginap. Salah satunya di SMA Muhammadiyah di Solo yang mengubah kantin menjadi dapur untuk menyiapkan makan atau sekadar membuat minum bagi para tamu.

”Kami juga membuka badan usaha milik sekolah (BUMS) dari SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang menyediakan toko oleh-oleh yang bisa dibeli oleh para tamu dan penggembira muktamar,” ujar Waka Kesiswaan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Suratman.(mg16/mg19/ian/adi)

Berita Muktamar

Muktamar Muhammadiyah Sempat Dimeriahkan Pertandingan Sepak Bola

Muktamar Muhammadiyah ke-48 dipusatkan di Kota Solo pada tanggal 18-20 November 2022. Jutaan orang dari berbagai daerah menghadiri acara ini. Walau berlabel organisasi agama Islam, bicara soal Muhammadiyah, ternyata eksistensi jejaknya di dunia sepak bola juga ada. Bahkan perannya terbilang cukup penting dan panjang, dalam sejarah persepak bolaan di Nusantara.

Pasca Digunakan untuk Penggembira Muktamar, Gedung Sekolah Wajib Disterilkan

SOLO – Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah sudah kelar, Minggu (20/11). Hari ini, puluhan sekolah negeri dan swasta yang digunakan untuk transit penggembira muktamar, kembali melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM). Syaratnya, seluruh area di sekolahan harus disterilkan dulu, untuk menjaga kesehatan dan kenyaman siswa dalam belajar.

Wapres Tutup Muktamar Muhammadiyah, Berpesan Pemilu Tak Koyak Persatuan

RADARSOLO.ID – Rangkaian event akbar Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Kota Bengawan resmi berakhir. Setelah ditetapkan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Aisyiyah periode 2022-2027, muktamar ditutup oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Minggu malam (20/11) di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Wakil Presiden Ma’ruf Amin Resmi Tutup Muktamar Muhammadiyah 

RADARSOLO.ID - Rangkaian event akbar Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Kota Bengawan resmi berakhir. Setelah ditetapkan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Aisyiyah periode 2022-2027, Muktamar ditutup oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Minggu (20/11) di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Berita Terbaru

Bank Mandiri Dukung Penuh Pembukaan Solo Safari

SOLO, Radar Solo – Kebun Binatang Solo Safari resmi dibuka oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Jumat (27/1/2023). Destinasi wisata baru di Kota Bengawan ini mendapat dukungan penuh dari Bank Mandiri.

Pukul Gong Tiga Kali, Gibran Buka Solo Safari

RADARSOLO.ID – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka meresmikan pembukaan Solo Safari Jumat (27/1/2023). Pembukaan ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Gibran sebanyak tiga kali sebagai simbolis dibukannya objek wisata baru di kota Solo ini.

Buka Pemikiran Pelajar Soal Pemilu, Bawaslu Kota Surakarta Gelar Sosialisasi di SMAN 6

RADARSOLO.ID – Generasi milenial pasti sudah melek teknologi, sayang mereka masih acuh terhadap segala hal berbau pemilihan umum (pemilu). Padahal peran serta mereka dalam mengawasi jalannya pesta demokrasi amatlah penting.