alexametrics
21.2 C
Surakarta
Wednesday, 28 July 2021

CATEGORY

Features

Tanpa Asap

KEBUTUHAN yang mati kini sama mendesaknya dengan kebutuhan yang hidup. Mulai dari tempat penyimpanan mayat, peti mati, sampai pemakaman.

Serba Bersama

BETAPA sulitnya menjadi menteri kesehatan di masa sekarang ini. Lebih sulit lagi karena di tiga kali perubahan sistem penanganan pandemi, sang menteri tidak menjadi pemegang komando tertinggi.

Senior Chris

SUDAH 10 hari saya tidak menerima WA dari senior saya itu: Christianto Wibisono. Tumben. Biasanya hampir tiap hari beliau mengirimi saya info. Apa saja. Ekonomi, politik, agama, isi Disway pagi itu, dan –ini yang saya baru tahu– soal usulnya ke Gubernur Ali Sadikin agar membuka judi.

Ulama Wanita

KALI ini yang mendapat giliran meninggal karena Covid adalah ulama perempuan: Prof Dr Huzaemah Tahido Yanggo, 77 tahun.

Sarwono 77

IA ada di dalam, tapi tidak sampai menjadi orang dalam. Itulah Sarwono Kusumaatmadja. Yang 24 Juli besok berulang tahun ke-77.

Respons Hidung

DARI begitu banyak reaksi soal ”Cuci Hidung” (Perspektif Dahlan Iskan 19 Juli 2021: Protokol Rakyat), ada tulisan seorang dokter ahli THT yang cukup panjang. Tulisan itu dikirim ke saya lewat ketua IDI Surabaya: Dr dr Brahmana.

Pasien Covid Membeludak, Inisiatif Produksi Nasal Cannula

MEMBELUDAKNYA pasien Covid-19 di rumah sakit berimbas pada kekurangan stok nasal cannula yang merupakan komponen high flow nasal cannula (HFNC). Komponen ini berfungsi membantu proses pernapasan pasien. Tim dosen ini lantas memproduksi nasal cannula dan diserahkan ke rumah sakit.

Budi Indonesia 1

IA memiliki koleksi banyak mobil kuno. Termasuk tiga mobil milik Presiden Bung Karno. Maka satu lagi orang kaya yang baik hati meninggal dunia: Pak Budi Santoso. Tiga tahun lebih tua dari saya. Tanggal 13 Juli lalu.

Dilema Sopir Ambulans Lewati Penyekatan Jalan selama PPKM Darurat

MOBILITAS ambulans meningkat drastis dalam beberapa pekan terakhir karena pasien Covid-19 melonjak. Ironisnya, kerja para supir ambulans ini sering direpotkan dengan penutupan jalan selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

Tupai King

HARUSNYA bulan begini saya ke Malaysia: makan durian. Seperti dua tahun lalu. Sepuas-puasnya. Seenak-enaknya.

Berita Terbaru