Jumat, 20 Jul 2018
radarsolo
icon featured
Karanganyar

PILGUB JATENG: PDIP Masih Timbang Duet Ganjar-Heru

Jumat, 07 Jul 2017 10:08 | editor : Bayu Wicaksono

Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo.

KARANGANYAR – Meski sempat terseret dalam kasus pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), peluang Ganjar Pranowo untuk kembali dicalonkan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2018 mendatang masih terbuka lebar.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan, selama ini dalam tradisi PDIP banyak petahana yang mendapat kesempatan dua kali untuk bisa dicalonkan menjadi kepala daerah.

“Yang paling penting itu adalah konsep pola pembangunan yang diciptakan oleh kepala daerah itu. Dan konsep yang diusung oleh Ganjar-Heru dengan mengedepankan gotong royong dan keterpihakan terhadap wong cilik, maka berpeluang kembali diusung,” ujar Hasto ketika berkunjung ke Karanganyar kemarin.

Disinggung soal proses hukum e-KTP yang menyeret nama Ganjar, Hasto menegaskan bahwa PDIP berkomitmen untuk memberantas korupsi dan memberikan dukungan kepada KPK. Dengan catatan, proses tersebut harus transparan dan tidak ada intervensi politik serta mengedepankan prinsip keadilan.

“Prinsip PDIP, kami mencalonkan orang yang tidak memiliki rekam jejak dalam penyalahgunaan kekuasaan politiknya. Kami betul–betul mencari calon yang mempunyai komitmen kerakyatan. Apabila nanti ada yang terlibat kami tidak akan segan–segan memberikan sanksi pemecatan, dan saat ini untuk nasib Ganjar masih menunggu proses evaluasi dari DPP,” jelas Hasto. 

Sementara itu politisi senior PDIP Gunawan Wirosarojo menilai elektabilitas Ganjar Pranowo selama menjabat sebagai gubernur mampu mengembangkan potensi Jateng dibanding dengan Provinsi lainnya.

“Soal e-KTP tidak ada pengaruhnya itu. Di internal partai itu hampir 70 – 80 persen masih mendukung Ganjar untuk bisa maju ke Pilgub 2018 nanti. Jadi sudah tidak diragukan lagi,” ujar Gunawan saat ditemui koran ini usai menghadiri acara ulang tahun Marhaenisme ke 90 di Hotel Taman Sari kemarin. (rud/bun)

(rs/bay/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia