Minggu, 22 Jul 2018
radarsolo
icon featured
Features

Jalan Kaki 7 Km, Relawan Ini Ajak Masyarakat Gemar Membaca

Rabu, 11 Apr 2018 11:00 | editor : Fery Ardy Susanto

Relawan literasi Wonogiri membawa aneka poster berisi ajakan untuk membaca, Selasa (10/4).

Relawan literasi Wonogiri membawa aneka poster berisi ajakan untuk membaca, Selasa (10/4). (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

UPAYA mengajak masyarakat di pelosok Wonogiri untuk gemar membaca terus digelorakan. Cara yang dilakukan beragam. Seperti aksi Relawan Rumah Baca Wonogiri, Relawan Giriwoyo, dan komunitas Info Cegatan Wonogiri. Puluhan pemuda ini menggelar long march sejauh 7 km, Selasa (10/4).

“Ini adalah aksi literasi dengan tema Pingin Pinter? Ayo Moco!!! Dengan aksi jalan kaki sejauh 7 kilometer dari Lapangan Giriwoyo sampai ke Rumah Baca Sang Petualang di Dusun Tlogobandung, Desa Tirtosuworo, Kecamatan Girowoyo,” kata Wahyudi, penggerak literasi Wonogiri asal Girowoyo kepada Jawa Pos Radar Solo

Tampak di antara peserta aksi long march, tokoh masyarakat Solo. Yakni Kopral Partika Subagyo yang gemar melakukan aksi-aksi spektakuler baik di Solo maupun Jakarta. Kedatangannya juga mendukung aksi long march untuk kampanye gemar membaca ini. 

“Tujuannya adalah meningkatkan minat baca kepada masyarakat. Karena membaca ini merupakan sumber ilmu,” ujar Wahyudi.

Tepat pukul 10.00 WIB, peserta aksi mulai berjalan keluar lokasi lapangan Giriwoyo. Menyusuri jalan Provinsi Baturetno-Pacitan lalu masuk ke jalan-jalan pedesaan. Jalan yang menanjak, ditambah cuaca panas tidak menyurutkan puluhan peserta aksi ini untuk terus berjalan sembari meneriakan yel-yel penggugah semangat.

“Pingin pinter ayo maca (ingin pintar ayo membaca, Red),” teriak mereka kompak sepanjang perjalanan. 

Beragam tulisan dan spanduk juga dibawa serta untuk memeriahkan aksi. Tidak ketinggalan, aksi ini mendapat pengawalan ketat dari Polsek dan Koramil Giriwoyo. Aparat keamanan ini juga turut berjalan bersama para peserta aksi.

“Juga mengajak para pihak yang berkepentingan, khususnya di Giriwoyo  untuk lebih peduli dengan literasi,” ujar pemuda kurus ini. 

Tepat pukul 13.00 sampailah rombongan ini di Rumah Baca Sang Petualang. Rasa lelah terbayarkan dengan hidangan ala kadarnya dari para relawan. Kemudian dilanjutkan acara seremonial penyerahan buku dari Pemerintah Kecamatan Giriwoyo, kepolisian dan TNI. Ini sebagai simbol bahwa semua pihak mendukung gerakan membaca. 

“Kami berharap gerakan ini tidak hanya sekadar seremonial saja, namun bisa diikuti aksi nyata di pelosok-pelosok Wonogiri agar masyarakat lebih cerdas,” tandas dia.

(rs/kwl/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia