Senin, 23 Jul 2018
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Keren, Sukoharjo Sudah Terapkan Tanda Tangan Digital

Sabtu, 14 Apr 2018 15:00 | editor : Fery Ardy Susanto

Petugas memandu pemohon mengurus izin secara online. 

Petugas memandu pemohon mengurus izin secara online.  (RYANTONO P.S./RADAR SOLO)

SUKOHARJO – Pengurusan izin di Kota Makmur semakin mudah. Setelah menerapkan 83 perizinan online, kini ada sistem tanda tangan digital yang mulai diujicobakan sejak Januari 2018.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sukoharjo Agustinus Setiyono mengatakan, inovasi tersebut mendapat apresiasi dari pemerintah pusat karena Sukoharjo menjadi kabupaten dengan pelayanan izin online terbanyak.

“Kita terus lakukan peningkatan demi kemudahan pelayanan,” katanya kepada Jawa Pos Radar Solo, Jumat (13/4). 

Menurutnya, persiapan penggunaan tanda tangan digital sudah dirampungkan dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu Sukoharjo. Selanjutnya tinggal diterapkan dalam pelayanan perizinan.

“Setelah perizinan dilakukan online memang lebih cepat. Tapi, menjadi lama karena harus antre menunggu tanda tangan manual di kertas perizinan yang diajukan pemohon. Setelah ini akan dipercepat dengan tanda tangan digital,” ujar Agustinus. 

Dengan tanda tangan digital, lanjutnya, berkas persyaratan perizinan pemohon yang telah dinyatakan lengkap bisa langsung ditanda tangani secara digital. Setelah itu berkas perizinan bisa diambil pemohon.

Sukoharjo menjadi kabupaten pertama di Eks Karesidenan Surakarta yang menerapkan tanda tangan digital pada perizinan. Bukannya tanpa kendala, sistem tersebut tergantung kestabilan jaringan internet. Ketika server jaringan lambat, berisiko mengganggu pelayanan pemohon perizinan.

(rs/yan/fer/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia