Sabtu, 21 Jul 2018
radarsolo
icon featured
Klaten

Seniman  Mural Percantik Wajah OMAC

Senin, 16 Apr 2018 16:00 | editor : Fery Ardy Susanto

Seniman mural wanita menggambar burung beo di dinding OMAC, Minggu (15/4).

Seniman mural wanita menggambar burung beo di dinding OMAC, Minggu (15/4). (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

KLATEN – Pemandangan berbeda terlihat di Objek Mata Air Cokro (OMAC), Kecamatan Tulung, Minggu (15/4). Sebanyak 75 seniman mural dari berbagai kota di sekitar Klaten mencorat-coret dinding dengan kuas dan cat semprot. Tapi tenang, mereka tidak melakukan aktivitas vandalisme. Melainkan mempercantik OMAC dengan lukisan grafiti dan mural.

Panitia kegiatan, Romy Iskandar menjelaskan, awalnya komunitas Local Warrior ingin mengadakan silaturahmi dengan para pelaku seni graffiti serta mural. Di dalamnya terdapat kegiatan live mngecat grafiti dan mural. Hingga akhirnya dipilihlah OMAC.

”Sebenarnya ada alternatif pilihan di Sub Terminal Penggung. Tetapi karena pertimbangan masih banyaknya dinding polos di OMAC, kami putuskan di sini saja. Setiap peserta kami beri spot selebar 2,5 meter,” jelas Romy kepada Jawa Pos Radar Solo.

Menggambar mural dengan cat semprot.

Menggambar mural dengan cat semprot. (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Di balik kegiatan ini, ada misi memperkenalkan OMAC sebagai salah satu destinasi wisata air yang wajib dikunjungi. Mengingat acara tersebut juga dihadiri para seniman dari Solo, Jogja, Karanganyar, Sragen, Boyolali, hingga Salatiga.

Romy menyebut OMAC sejatinya tidak kalah dengan wisata air lainnya yang telah menjamur. Namun masih butuh sentuhan berbeda guna menarik kunjungan wisata. Maka dari kegiatan ini., diharapkan kian mempercantik kawasan OMAC sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan.

Reza Arifiyana, 20, seniman mural asal Solo menggambar burung dengan warna dominan orange.

”Baru pertama ini di objek wisata. Jadi tantangan tersendiri bagi kami agar gambarnya menarik perhatian wisatawan,” ujar mahasiswa Fakultas Seni Rupa, Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta ini.

Ia mengaku bangga bisa menjadi bagian dalam acara tersebut karena karyanya akan semakin diapresiasi wisatawan. Dirinya berharap gambar mural berbentuk burung itu bisa menambah spot selfie di kawasan OMAC sendiri. Hal ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk berfoto bagi pengunjung selain di dalam air sehingga semakin beragam.

(rs/ren/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia