Selasa, 17 Jul 2018
radarsolo
icon featured
Karanganyar

BI Sosialisasikan Kartu E-Tol ke Warga Karanganyar

Senin, 16 Apr 2018 17:45 | editor : Fery Ardy Susanto

Penyerahan kartu e-tol yang digelar di Alun-Alun Karanganyar, Minggu (15/4).

Penyerahan kartu e-tol yang digelar di Alun-Alun Karanganyar, Minggu (15/4). (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

KARANGANYAR – Sempat muncul kasus sejumlah oknum yang mengedarkan uang palsu saat membayar tol di beberapa wilayah. Hal inilah yang membuat Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan PT. Jasa Marga Solo-Ngawi (JSN), dan perbankan penerbit uang elektronik (Unik) di Eks Karesidenan Surakarta, menggelr soialisasi pembayaran tol nontunai.

Sosialisasi berlangsung diAlun-Alun Karanganyar, Minggu (15/4) pagi. Seiring akan dibukanya Tol Solo-Kertosono (Soker), akhir April ini.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Surakarta, Bandoe Widiarto mengakui sosialisasi ini dilakukan terhadap masyarakat dan seluruh jajaran dari forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Karangangar. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mendorong Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) Bank Indonesia.

”Ini merupakan komitmen bersama antara BI bersama PT. Jasamarga Solo-Ngawi, serta perbankan penerbit uang elektronik (Unik), dalam memberikan layanan pembayaran non tunai di jalan tol. Langkah ini juga untuk membudayakan masyarakat menggunakan transaksi dengan Unik, untuk mengurangi risiko uang palsu baik bagi BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) sebagai penyelenggara jalan tol, maupun untuk keamanan bagi masyarakat pengguna jalan tol,” terang Bandoe.

Sementara itu, Direktur Utama PT. JSN, David Wijayanto, mengaku pihaknya sudah melakukan uji coba terhadap sejumlah pintu tol yang ada di Colomadu, Kebakramat dan Sragen. Dari simulasi yang dilakukan di tiga pintu masuk atau keluar tersebut, ternyata saat ini sudah bisa dioperasikan dengan baik.

”Memang pembayarannya tidak bisa menggunakan uang secara tunai, dan pengguna nantinya dapat menggunakan kartu yang dibuat di perbankan, yang sebelumnya dikeluarkan oleh masing-masing bank,” jelas David.

(rs/rud/fer/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia