Sabtu, 21 Jul 2018
radarsolo
icon featured
Nasional

Kirun: Caik Imin Sosok Pemimpin yang Peduli Budaya

Jumat, 27 Apr 2018 20:48 | editor : Fery Ardy Susanto

Sulaturahmi Cak Imin dengan seniman dan budayawan di Solo beberapa waktu lalu.

Sulaturahmi Cak Imin dengan seniman dan budayawan di Solo beberapa waktu lalu. (BOY ROHMANTO/RADAR SOLO)

KOTA – Pertemuan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan budayawan, hingga seniman di Kota Solo memang sudah dijalani beberapa hari terakhir. Namun kesan seniman terhadap ketua umum PKB ini masih begitu kuat. Cak Imin dianggap sebagai pemimpin yang akan mampu mewadahi aspirasi seniman maupun budayawan di negeri ini.

Seperti yang disampaikan pelawak senior Kirun. Dia sudah lama kenal Cak Imin, bahkan sering diundang untuk mengisi acara yang diselenggarakannya. Partai yang dipimpin Cak Imin (PKB) juga sering memberikan ruang bagi seniman untuk pentas.

”Sudah tidak terhitung berapa kali PKB mengadakan pertunjukkan wayang kulit, mengundang seniman ludruk di Jawa Timur. Ini menandakan bahwa sosok Cak Imin merupakan nahkoda PKB yang peduli akan perkembangan budaya di tanah air,” ujarnya.

Dia menjelaskan, melalui forum Cak  Imin Ngguri Nguri Budaya  berbagai keluhan disampaikan seniman dari Solo dan sekitarnya. Mereka berharap pemerintah memberikan kesempatan yang lebih banyak agar seniman tradisional terus berkembang.

“Saya yakin sosok Cak Imin jika terpilih menjadi wakil presiden mampu menjadikan budaya negeri ini lebih maju.,” ungkapnya.

Cak Imin mengucapkan terima kasih atas kehadiran seniman dan budayawan  yang bersedia hadir untuk bersilaturahmi. Melalui kegiatan tersebut dia mengetahui apa yang dirasakan seniman saat ini, ternyata banyak persoalan yang dihadapi. Walau begitu dia meminta kepada para seniman untuk tetap berkarya.

”Berkarya bagi seniman merupakan bentuk ekpresi, dengan berkarya seorang seniman akan tetak menjaga eksistensinya.  Menjadikan budaya sebagai bagian dari seni membangun negeri ini tentu akan terasa lebih indah,” ungkapnya.

(rs/fer/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia