Sabtu, 21 Jul 2018
radarsolo
icon featured
Olahraga

Atlet NPC Ikut Tes Event Asian Para Games 2018

Sabtu, 23 Jun 2018 23:10 | editor : Fery Ardy Susanto

Atlet NPC Ikut Tes Event Asian Para Games 2018

ASIAN Para Games 2018 tinggal tiga bulan lagi. Situasi ini membuat National Paralympic Committee (NPC) Indonesia sebagai tuan rumah terus berbenah. Salah satunya yang tengah dikebut oleh Panitia Pelaksana Indonesia 2018 Asian Para Games (INAPGOC).

Selain pembenahan dari sisi venue, INAPGOC juga siap menggelar test event atau uji coba. Beertajuk Indonesia Para Games Invitational Tournament, 27 Juni hingga 3 Juli di Gelora Bung Karno, Jakarta.

”Melalui test event ini kami akan mendorong para atlet secara formal bisa berlaga di Asian Para Games dengan memenuhi MQS (Minimum Qualification Score) dan juga untuk mengecek kesiapan venue sekaligus dukungan dari seluruh divisi terkait,” ujar Direktur Divisi Sport, Fanny Riawan kepada Jawa Pos Radar Solo, Jumat (22/6).

Indonesia Para Games Invitational Tournament akan mempertandingkan lima cabang olahraga, yaitu atletik, bulutangkis, renang, tenis meja, dan bola basket kursi roda. Dari kelima cabang olahraga itu, tenis meja akan menjadi ajang kualifikasi untuk atlet difabel yang belum lolos ke Asian Para Games 2018.

Dengan status open tournament dan mendapat pengakuan dari federasi internasional para table tennis, IPTTC, sudah 13 negara yang menyatakan akan ambil bagian di cabang tenis meja Indonesia Para Games Invitational Tournament. Cabang bola basket kursi roda juga akan menjadi invitasi internasional yang akan diikuti oleh Malaysia, Thailand, dan Indonesia sebagai tuan rumah. Sementara itu, tiga cabang lainnya hanya akan diikuti oleh atlet Indonesia dari berbagai daerah.

Salah satu hal penting yang akan dilakukan di Indonesia Para Games Invitational Tournament adalah penentuan kategori klasifikasi oleh classifier bersertifikat internasional. Klasifikasi pada gelaran ini akan menjadi acuan untuk penyelenggaraan Asian Para Games 2018, pada 6-13 Oktober mendatang.

”Asian Para Games kamui di target cukup banyak emas, jadi persiapannya juga perlu kami matangkan. Termasuk menginguki beberapa single event hingga tes event Asian Para Games,” terang pelatih Pelatnas Tenis Meja NPC Indonesia, Rima Ferdianto.

Tim bulutangkis Indonesia juga siap unjuk gigi di Indonesia Para Games Invitational Tournament, dengan menurunkan 41 atletnya di test even tersebut.

”Saat ini para atlet kami juga tengah pemanasan dengan mengikuti kejuaraan di Irlandia,” ucap Pelatih Pelatnas Bulu Tangkis NPC Indonesia, Nurrachman.

(rs/NIK/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia