Kamis, 19 Jul 2018
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

Yanmar Buka Showroom Resmi di Klaten

Minggu, 24 Jun 2018 20:01 | editor : Fery Ardy Susanto

Bangunan showroom Yanmar di Jalan Raya Solo-Jogja, tepatnya di Prambanan.

Bangunan showroom Yanmar di Jalan Raya Solo-Jogja, tepatnya di Prambanan. (BOY ROHMANTO/RADAR SOLO)

KLATEN - Bagi masyarakat Klaten dan sekitarnya yang yang ingin membeli peralatan pertanian, kini tidak perlu jauh-jauh ke luar kota. Sebab mulai Minggu (24/6), secara resmi showroom untuk pembelian produk Yanmar sudah mulai dibuka di Jalan Raya Solo-Jogja, tepatnya di kawasan Prambanan.

Dipilihnya lokasi  showroom Yanmar di Jalan Solo-Jogja (Prambanan) karena dianggap strategis dan mudah jangkau dari berbagai daerah. Mulai dari Klaten sendiri, Sukoharjo, Purworejo, Jogja, bahkan Sragen. Daerah tersebut merupakan wilayah penyangga pertanian di Jawa Tengah.

Direktur CV Sentral Yanmar Prambanan, Eddy Susanto mengatakan, showroom yang baru dibuka menyediakan berbagai peralatan pertanian. Mulai mesin pengolah sawah atau hand tracktor, hingga mesin giling gabah. Namun pihaknya lebih fokus pada penjualan mesin panen padi kombinasi.

”Mesin ini menjadi solusi petani agar dalam bercocok tanam lebih beruntung. Karena dengan mesin panen padi kombinasi ini, petani mampu mengurangi gabah yang terbuang saat panen  hingga 2 persen. Biasanya kalau dengan panen manual, gabah yang terbuang mencapai 10 persen,” papar Eddy kepada Jawa Pos Radar Solo.

Eddy menambahkan, dengan pengurangan risiko gabah terbuang, tentu hasil produksi pertanian bisa lebih banyak. Termasuk biaya operasional. Jika menggunakan tenaga manusia, dibutuhkan puluhan orang untuk memanen padi seluas satu hectare. Namun dengan mesin panen padi kombinasi ini, hanya butuh dua orang saja.

”Satu orang sebagai operator, satunya lagi yang memasukan gabah ke karung. Sudah mulai banyak petani baik secara kelompok maupun pribadi membeli mesin panen padi kombinasi. Terbukti ada peningkatan penjualan unit. Untuk 2017 ada 50 unit yang terjual. Kami menargetkan tahun ini ada  100 unit yang terjual,” ungkapnya.

Selain menyediakan berbagai peralatan pertanian, di showroom, Yanmar juga menyediakan suku cadang. Yanmar juga siap melakukan pelatihan maupun uji coba peralatan pertanian untuk meyakinkan petani. (sct/oh)

(rs/fer/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia