alexametrics
Minggu, 28 Feb 2021
radarsolo
Home > Boyolali
icon featured
Boyolali

SDN Mulyosari Boyolali Raih Adiwiyata Mandiri

07 Agustus 2017, 08: 37: 17 WIB | editor : Bayu Wicaksono

Kepala SDN Mulyosari, Sri Saparendah (kanan) memegang trofi Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Kepala SDN Mulyosari, Sri Saparendah (kanan) memegang trofi Sekolah Adiwiyata Mandiri. (TRI WIDODO/RASO)

Share this      

BOYOLALI – SD Negeri Mulyosari, Kecamatan Boyolali Kota berhasil mengukir prestasi membanggakan. SDN Mulyosari menjadi satu dari dua sekolah di Boyolali yang memperoleh penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri. Dari Kemerinterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan diserahkan Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar. Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional 2017 yang juga dihadiri Presiden RI, Joko Widodo di Kantor KLHK, Gedung Manggala Wana Bhakti Jakarta, Rabu (2/8). Kepala SDN Mulyosari, Sri Saparendah mengaku penghargaan ini tak lepas dari kerja sama dari semua elemen. Sehingga sekolah dapat melaksanakan tugas pembelajaran yang berwawasan lingkungan ini dengan baik.

”Siswa sudah terbiasa memungut sampah di lingkungan sekitar, lalu dibuang pada tempatnya. Kami tak mengenal bahasa buang sampah pada tempatnya, tapi tempatkan sampah pada tempatnya,” kata Sri kepada Radar Solo.

Murid juga diajarkan pola hidup sehat dengan rajin mencuci tangan. Serta memanfaatkan air dan listrik seefisien mungkin. Misalnya, sekolah tak membuang begitu saja air bekas wudhu. Airnya langsung dialirkan ke kolam ikan lele.

Air bekas cuci tangan siswa dengan sabun ditampung pada kolam normalisasi. Dengan air itulah, tumbuhan di lingkungan sekolah mendapatkan suplai air. ”Di kolam itu kami normalkan dulu air yang ada kandungan kimianya. Sehingga saat disiram ke tanaman, air sudah bersih,” beber Sri.

Pengawasan makanan yang dikonsumsi siswa juga penting. Yakni meminta kantin sekolah menjual makanan-makanan tradisional dari bahan polo kependem. ”Anak-anak makan sawut sudah biasa. Makanan snack juga dijual, tapi sedikit,” urai Sri.

Penghargaan Adiwiyata Mandiri menjadi kebanggan sekolah. Dia berharap, sekolahnya bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya. ”Kami juga bertugas menularkan pengembangan karakter berwawasan lingkungan ke sekolah lain,” tandas Sri. (wid/fer)

(rs/wid/bay/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news