Minggu, 19 Aug 2018
radarsolo
icon featured
Solo

UNS Tembus Ranking 5 Perguruan Tinggi Terbaik Nasional

Senin, 07 Aug 2017 14:56 | editor : Bayu Wicaksono

UNS Tembus Ranking 5 Perguruan Tinggi Terbaik Nasional

SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) mencatatkan namanya dalam peringkat lima dari 100 universitas terbaik di Indonesia versi 4 International Colleges & Universities (4ICU). Torehan prestasi tersebut tak lepas dari aktifnya website resmi kampus hijau di Kota Bengawan itu.

Rektor UNS Solo Ravik Karsidi membenarkan hal tersebut, Sabtu  (5/8). Ia menjelaskan 4ICU  merupakan search engine atau direktori yang menilai sebuah universitas dilihat dari peringkat website universitas. Beberapa kriteria yang dinilai adalah akses website, kualitas artikel, jumlah konten yang ada pada website, jumlah website atau domain dari luar universitas yang memberikan link pada website universitas tersebut, dan rata-rata pengunjung (traffic) website dalam beberapa bulan terakhir.

“Hal tersebut berarti bahwa situs UNS memiliki dokumen lengkap sehingga dicari banyak orang. Selain itu, ini merupakan bagian dari keterbukaan UNS kepada publik,” jelasnya.

Peringkat perguruan tinggi di Indonesia dirilis 4ICU pada 29 Juli 2017. Posisi UNS mampu menembus lima besar bersama Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Diponegoro. Kampus negeri terbesar di Kota Solo itu meninggalkan beberapa kampus ternama lainnya seperti Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Bandung serta Institut Sepuluh Nopember. Peringkat UNS versi 4ICU naik satu tingkat dari ranking yang dirilis pada Januari pada tahun yang sama.

“Peningkatan ranking 4ICU ini tidak terlepas dari kepopuleran situs UNS yang dibaca dan diakses publik,” imbuh Ravik.

Selain peringkat 4ICU, UNS juga mengalami kenaikan peringkat dalam versi penelitian lainnya. Misalnya peringkat 200 perguruan tinggi terbaik di Asia versi 4ICU tersebut, UNS menduduki peringkat ke-111, naik dari peringkat sebelumnya, yaitu ke-196. Sedangkan untuk peringkat perguruan tinggi terbaik di tingkat dunia, UNS menduduki peringkat ke-717 dari peringkat sebelumnya, yaitu ke-1.326.

Sementara itu Ravik menjelaskan jumlah paper yang terindeks Scopus untuk UNS menurut versi Scopus Indonesia per 30 Juli 2017 mencapai 1.302 artikel. Jumlah tersebut meningkat dibanding per 18 Juli 2017 yang tercatat sebanyak 1.264 artikel.

“Tahun ini, UNS masuk dalam peringkat 50 perguruan tinggi dan lembaga penelitian paling produktif dalam riset atau publikasi ilmiah jurnal internasional terindeks Scopus,” pungkasnya.

Daftar 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

(Versi 4ICU per 29 Juli 2017)

Peringkat          Perguruan Tinggi

1                      Universitas Gadjah Mada        

2                      Universitas Indonesia 

3                      Institut Pertanian Bogor

4                      Universitas Diponegoro          

5                      Universitas Sebelas Maret    

6                      Universitas Brawijaya 

7                      Institut Teknologi Bandung     

8                      Universitas Negeri Yogyakarta           

9                      Universitas Padjadjaran

10                    Universitas Pendidikan Indonesia

Sumber: http://www.4icu.org/id/

(rs/irw/bay/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia