Sabtu, 25 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Radar Solo Events

MIN Wonogiri Ruaarrrr biasa

23 Oktober 2017, 16: 42: 23 WIB | editor : Perdana

MIN Wonogiri Ruaarrrr biasa

Lagi-lagi tepuk literasi bergema di tengah ratusan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Kali ini yel-yel tersebut dinyanyikan dengan penuh semangat oleh seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Wonogiri. Menyambut Hari Santri yang diperingati pada 22 Oktober mendatang, MIN Wonogiri menggelar Festival Literasi dan Seni, kemarin (19/10). Berlokasi di Gedung Persatuan Guru Indonesia (PGRI) Wonogiri, kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Jawa Pos Radar Solo.

Kobaran semangat peserta terlihat sejak pagi. Saat sesi registrasi, sebanyak 500 peserta sudah berbondong-bondong memadati lokasi kegiatan. Antusiasme peserta membludak saat panitia mendapat tambahan 70 peserta yang berasal dari 8 TK di Kabupaten Wonogiri. Acara juga semakin meriah dengan beberapa sponsor. Inaco, Grolier, HiLo School, TPS Food, dan Safe Care.

“Terima kasih kepada Jawa Pos Radar Solo yang telah berkenan menyelenggarakan acara bersama kami. Anak-anak sangat senang dengan acara ini. Sebab, kami memang selalu melatih mereka untuk terlibat dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan. Kami mengutamakan anak-anak memiliki keunggulan dalam berkomunisasi sebagai bekal soft skill,” kata Kepala MIN Wonogiri, Aris Suryanto dalam sambutannya.

General Manager Jawa Pos Radar Solo, Ananto Priyatno berharap terus terjalin hubungan kerja sama yang baik antara MIN Wonogiri dan Jawa Pos Radar Solo di masa mendatang.

“Semoga tidak berhenti sampai di sini kerja sama kita. Terima kasih sudah mempercayakan tim Jawa Pos Radar Solo untuk menyelenggarakan acara ini,” sambung Ananto dalam sambutannya.

Acara dibuka dengan penampilan Umul Farihah dari kelas 6C yang membawakan pidato dengan tema Tugas Seorang Pelajar berbahasa Sunda. Dilanjutkan dengan perform paduan suara MIN Wonogiri menyanyikan dua buah lagu, Hymne Madrasah dan Turi-Turi Putih. Disusul penampilan dua dara manis, Lala dan Beri dari kelas 5 yang membawakan Tari Pangpung. Kemudian Muhammad Fardhan Isdakin Mubarok dari kelas 2A menutup sesi hiburan pertama dengan cerita islami. Fardhan, sapaan akrabnya membawakan kisah Nabi Nuh.

Menghangatkan suasana, seluruh peserta diajak berjoget Baby Shark Dance bersama-sama. Acara makin semarak saat beberapa peserta berebut maju ke atas panggung untuk memimpin joget Baby Shark Dance.

Masuk ke acara inti, peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri dari peserta kelas 1-3. Kelompok kedua terdiri dari peserta kelas 4-6. Peserta yang tergabung di kelompok pertama mengikuti lomba mewarnai bersama dengan peserta dari beberapa TK yang sudah mendaftar. Sementara kelompok kedua mengikuti kegiatan literasi bersama tim Jawa Pos Radar Solo.

Masing-masing peserta kelompok kedua dibagikan Koran Jawa Pos Radar Solo. Sebelumnya, seluruh peserta menyanyikan tepuk literasi bersama-sama. Kemudian dilanjutkan dengan membaca dan membedah Koran bersama dengan tim redaksi Jawa Pos Radar Solo.

Sementara peserta kelompok pertama masih menyelesaikan lomba mewarnai, peserta kelompok kedua melanjutkan acara dengan lomba kuis ranking 1. Lomba ini menarik perhatian guru dan orang tua murid karena peserta riuh saling berebut jawaban yang benar. Bahkan tak sedikit peserta yang menunjukkan raut wajah kecewa saat jawabannya salah dan tidak bisa melanjutkan permainan.

Usai ketegangan mengikuti lomba, suasana dicairkan dengan sesi hiburan kedua. Penampilan Tari Saman dan Jaran Kore berhasil membuat peserta antusias kembali. Festival Literasi dan Seni diakhiri dengan pengumuman juara lomba dan penyerahan hadiah. Dan ditutup dengan foto bersama seluruh peserta lengkap dengan guru MIN Wonogiri. (aya)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia