Minggu, 16 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Solo

Solo Sisi Selatan Segera Bersolek

02 Januari 2018, 14: 21: 39 WIB | editor : Bayu Wicaksono

Tugu perbatasan di kawasan Solo Selatan segera direvitalisasi.

Tugu perbatasan di kawasan Solo Selatan segera direvitalisasi. (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

SOLO – Pemkot enggan berlama-lama melihat ketimpangan penataan di wilayah perbatasan. Di antaranya Solo sisi selatan yang berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo. Berbagai upaya akan dilakukan mereduksi kekurangan tersebut.

Kawasan Solo Baru memang berkembang pesat dengan fasilitas serta infrastruktur penunjang. Sayangnya, Kota Solo yang berbatasan dengan wilayah Kota Makmur itu belum mendapat perhatian.

“Kalau kita dari Solo Baru kemudian masuk Solo kan ketok (terlihat) ndeso banget. Itu harus kita perbaiki,” tegas Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penatan Ruang (DPU PR) Surakarta Taufan Basuki.

Salah satu penataan daerah perbatasan menyasar Jalan Yos Sudarso. Jalan yang dimulai dari simpang empat Gemblegan menuju arah selatan hingga Baki, Sukoharjo itu menjadi salah satu pintu masuk Kota Bengawan dari sisi selatan. “Nanti akan kita buat koridor Yos Sudarso dan membuat tugu batas kota,” imbuhnya.

Rencana itu sudah dianggarkan pada APBD 2018. Diperkirakan, pada triwulan kedua, proyek tersebut sudah bisa dilaksanakan. Ditambahkan Taufan, tugu yang akan dibangun diperkirakan sama seperti tugu batas Kota Solo yang sudah ada. Yaitu tugu peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta yang ada di Kleco, Jurug dan Gading.

Tugu sejenis telah selesai dibangun di batas kota sisi utara. Yakni Sekip, Kadipiro, Banjarsari. “Nanti tugu peninggalan keraton itu akan kita revitalisasi. Kalau melihat ada yang perlu perbaikan, kita perbaiki, kita cat juga,” tandas Taufan.   

Untuk diketahui, Kota Bengawan memiliki tiga tugu batas kota yang merupakan peninggalan Paku Buwono X. Yakni di kawasan Jurug, Kleco dan Gading.

Kepala DPUPR Endah Sitaresmi mengatakan, seluruh batas kota akan dipasangi tugu yang mirip dengan ketiga tugu tersebut.“Yang di Sekip sudah jadi, tinggal yang di arah pintu tol di Klodran,” katanya.

(rs/irw/bay/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia