alexametrics
Minggu, 28 Feb 2021
radarsolo
Home > Boyolali
icon featured
Boyolali

Yes, Dana Insentif Guru TK dan Honorer K2 segera Cair

15 Februari 2018, 18: 54: 42 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Guru pengajar TK Muhammadiyah Program Khusus 5 Boyolali

Guru pengajar TK Muhammadiyah Program Khusus 5 Boyolali (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

Share this      

BOYOLALI – Guru PAUD, TK, dan Guru Honorer Kategori 2 (K2) di Boyolali sebentar lagi bisa tersenyum lebar. Sebab dana insentif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali segera direalisasikan tahun ini.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boyolali sudah menggedok anggaran untuk insentif.

”Mulai tahun ini, Guru PAUD, TK, dan K2 akan mendapatkan tunjangan dari Pemkab Boyolali,” kata Ketua DPRD Boyolali, S. Paryanto kepada Jawa Pos Radar Solo, kemarin (15/2).

Menurut Paryanto, pemberian tunjangan bagi tenaga pendidik tersebut penting. Mengingat kesejahteraan pendidik utamanya nonp-PNS masih minim. Khususnya tenaga pengajar honorer K2 yang hanya mendapatkan gaji sebesar Rp 500 ribu per bulannya.

”Rata-rata paling hanya 250-300 ribu. Padahal kinerja tenaga pendidik honorer ini sama dengan pendidik PNS. Bahkan terkadang kinerja mereka melebihi  guru PNS,” beber Paryanto.

Paryanto menambahkan, belum bisa menyebutkan jumlah nominal insentif yang akan diterima guru Paud, TK, dan Guru Honorer K2 tersebut.

”Kelengkapan aturan pencairan dana ini masih diproses,” imbuhnya.

Bantuan insentif dari Pemkab Boyolali ini membawa angin segar bagi guru swasta. Bantuan ini dapat meningkatkan kesejahteraan guru dan meningkatkan kinerja dalam mendidik.

”Mengajar bisa lebih konsen. Karena tak terlalu berat memikirkan urusan dapur,” tutur Ika, salah seorang guru TK di Kecamatan Sambi.

Selama ini, jika disyukuri gaji yang diterima dari sekolahan bisa dikatakan cukup. Namun, jika dihitung secara matematis, sesuai kondisi saat ini, sangat jauh dari cukup. ”Ya kalau ada tambahan dari pemkab, kami sangat senang sekali. Bisa untuk tambah belanja kebutuhan pokok,” ujarnya.

(rs/wid/fer/JPR)

 TOP
 
 
 
 
Follow us and never miss the news