Senin, 20 May 2019
radarsolo
icon featured
Radar Solo Events
Kuatkan Budaya Literasi

Zetizen Jurnalistik di SMAN 1 Wonosari

15 Februari 2018, 20: 31: 34 WIB | editor : Perdana

HEBOH: Siswa dan guru SMAN 1 Wonosari Klaten foto bersama sebelum Zetizen Jurnalistik dimulai.

HEBOH: Siswa dan guru SMAN 1 Wonosari Klaten foto bersama sebelum Zetizen Jurnalistik dimulai. (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

KLATEN – SMAN 1 Wonosari Klaten mendapat kehormatan jadi host Zetizen Jurnalistik 2018. Kegiatan yang berlangsung di lapangan basket ini bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Solo. Sekitar 500-an siswa SMAN 1 Wonosari mengikuti acara yang menguatkan program literasi tersebut.

Sambutan Kepala SMAN 1 Wonosari, Suliman mengawali Zetizen Jurnalistik 2018. ”Anak-anak, hari ini (kemarin) adalah hari istimewa. Kita menjadi tuan rumah Zetizen Jurnalistik. Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mengembangkan potensi menulis kalian,” kata Suliman dalam sambutannya.

Disusul sambutan Kepala Kompartemen Klaten, Jawa Pos Radar Solo, Boy Rohmanto. ”Kami sudah datang ke berbagai sekolah di beberapa kabupaten. Untuk tingkat SMA di Klaten, ya baru pertama ini di SMAN 1 Wonosari. Semoga ilmu yang kami sampaikan bermanfaat dan berkesan buat teman-teman semua,” sambung Boy.

Kegiatan literasi dimulai dengan membaca Jawa Pos. Ke-500 siswa diberi kesempatan membaca Koran dan memahami berita yang disajikan. Acara kian hangat lewat hadirnya sejumlah ekstrakurikuler (ekskul). Mulai dari Saka Bhayangkara, Sefta Paduan Suara, Hadrah Rohis, Palang Merah Remaja (PMR), Merpati Putih, pramuka, serta aksi flying fox Pecinta Alam SMAN 1 Wonosari.

Siswa SMAN 1 Wonosari juga dibekali pelatihan jurnalistik di aula. Materi disampaikan Redaktur Jawa Pos Radar Solo, Kabun Triyatno. Diikuti 100 siswa terpilih. ”Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari jurnalistik. Tidak perlu jauh-jauh, berita bisa didapatkan dari lingkungan sekitar kita,” jelas Kabun. (aya/fer)

(rs/aya/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia