Sabtu, 19 Oct 2019
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Mahasiswa POR UMS Panasi Mesin lewat Kejuaraan Atletik

29 Maret 2018, 14: 30: 59 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Atlet POR UMS berlatih di Stadion Sriwedari, Rabu (28/3).

Atlet POR UMS berlatih di Stadion Sriwedari, Rabu (28/3). (ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Program Studi Pendidikan Olahraga dan Rekreasi (POR) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) siap terjunkan satu mahasiswanya di kejuaraan atletik di Kota Bengawan dalam waktu dekat ini. Saat ini persiapan terus dilakukan untuk mencapai hasil terbaik.

Kaprodi POR UMS Nur Subekti mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan mahasiswa potensialnya turun di cabang olahraga (cabor) atletik nomor lari 400 meter dan lompat jauh.

“Sebenarnya kami punya empat mahasiswa potensial. Namun yang sudah siap untuk terjun baru satu mahasiswa.  Kami tidak memasang target tinggi, hanya bermain maksimal saja. Karena ini event perdana yang kami ikuti di cabor atletik,” beber Nur Subekti kepada Jawa Pos Radar Solo, Rabu (28/3).

Nur menambahkan, pihaknya memfasilitasi mahasiswa potensialnya untuk mengikuti pelatihan atlet dengan program minat bakat olahraga. Pelatihan tersebut dilaksanakan rutin di Stadion Sriwedari lengkap dengan asisten dan tim coaching dari cabor atletik Jawa Tengah.

Sementara itu, sebanyak 101 mahasiswa POR terdiri dari tiga kelas, mengikuti ujian praktik materi lompat gawang, kemarin (28/3) di Stadion Sriwedari. Nur menjelaskan lompat gawang adalah materi perkuliahan Atletik dan menjadi salah satu kompetensi yang wajib dikuasai. Atletik merupakan mata kuliah teori dan praktik di prodi POR, yang ditempuh pada semester 1 dan 2.

“Karena fasilitas lintasan atletik di Solo belum banyak yang punya. Hanya ada di Stadion Manahan dan Sriwedari, maka ujian praktik dilakukan di sana. Rencananya, tahun depan kami akan segera difasilitasi sarana perkuliahan yang lebih lengkap. Yakni gedung sportorium dan laboratorium olahraga,” terangnya.

Tahun ini, sambung Nur, sudah mulai pengerjaan dan pengukuran pembangunan gedung sportorium. Gedung tersebut akan dibangun di area edu park milik UMS. Diperkirakan pada 2019 sudah dapat beroperasi.

(rs/aya/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia