Senin, 19 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Boyolali

Program Surat Mandiri Masuk Tahap Sosialisasi

Sabtu, 14 Apr 2018 13:30 | editor : Fery Ardy Susanto

Kepala Dispermasdes Boyolali, Purwanto

Kepala Dispermasdes Boyolali, Purwanto (TRI WIDODO/RADAR SOLO)

BOYOLALI – Bupati Boyolali Seno Samodro punya inovasi memudahkan masyarakat mendapat surat pengantar dari desa. Melaluio penyediaan mesin surat mandiri. Rencananya, tahun ini baru pengadaan 10 unit karena keterbatasan biaya. Namun, Seno berjanji bakal meratakannya ke seluruh desa di Boyolali.

Lewat mesin ini, bisa memotong birokrasi pencarian surat pengantar dari desa. Semisal surat pengantar pembuatan akta kelahiran, kartu keluarga, dan sebagainya. Tak perlu lagi bertemu dengan kepala desa maupun perangkat desa.

Nah, sebelum mesin tersebut disebar, terlebih dahulu digelar sosialisasi. Dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Boyolali. Menyasar seluruh pemerintah desa.

”Besar sekali manfaatnya. Kami langsung tindak lanjuti ide bupati itu dengan melakukan sosialisasi,” kata Kepala Dispermasdes Boyolali, Purwanto kepada Jawa Pos Radar Solo, Jumat (13/4).

Sosialisasi ini sangat penting sebelum program dijalankan. Sebagai salah satu syarat adiminstrasi pelaksanaan program. Dengan harapan pengadaan mesin segera terealisasikan pada tahun anggaran 2019.

”Di era milenial, sudah saatnya masyakat melek teknologi. Pemerintah desa dapat menganggarkan program layanan surat mandiri ini dari APBDes 2019. Pemkab Boyolali akan membantu merealisasikan program tersebut melalui Alokasi Dana Desa (ADD),” papar Purwanto.

Terobosan teknologi untuk memudahkan masyarakat tersebut disambut positif masyarakat. Tak sedikit yang sudah banyak menguasai teknologi komputer meminta alat tersebut segera terealisasi.

”Bisa mudah dapat surat pengantar. Sebab lurah atau kades sering tidak di kantor karena ada acara di luar. Dengan mesin ini bsia langsung dapat surat pengantar,” kata Fatkhurohman, 23, warga Desa Canden, Kecamatan Sambi.

(rs/wid/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia