Senin, 20 Aug 2018
radarsolo
icon featured
Travelling

Telaga Madirda, Keindahan Tersembunyi di Lereng Lawu

Selasa, 01 May 2018 10:48 | editor : Fery Ardy Susanto

Sejumlah siswa SD Negeri Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar asyik bermain di Telaga Madirdo, Sabtu (28/4).

Sejumlah siswa SD Negeri Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar asyik bermain di Telaga Madirdo, Sabtu (28/4). (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

KARANGANYAR - Liburan panjang ini, tak ada salahnya mengunjungi sejumlah objek wisata menarik di Kabuaten Karanganyar. Tak hanya menyajikan kesejukan udara dan keindahan alam pegunungan, kabupate yang terletak di lereng Lawu ini ternyata menyimpan banyak objek wisata yang memanjakan mata. Salah satunya Telaga Madirda di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso.

Jernihnya air teaga diyakini bakal mencuri perhatian para traveler. Bagi yang sudah mampir ke sana, dijamin bakal ketagihan. Karena telaga ini masih mempertahankan suasana alami khas pegunungan yang sejuk dan asri. Dikelilingi hamparan sawah dan pepohonan.

Bagi para pecinta alam, tak ada salahnya ngecamp di Telaga Madirda. Atau bisa juga untuk dijadikan wahana outbond dan pelatihan fisik. Nah, bagi pehobi fotografi, telaga ini juga menyimpan berjuta spot menarik lho.

Salah seorang siswa SD Negeri Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar terjun dari atas bebatuan di Telaga Madirdo, Sabtu (28/4).

Salah seorang siswa SD Negeri Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar terjun dari atas bebatuan di Telaga Madirdo, Sabtu (28/4). (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

Menikmati telaga ini tidaklah mahal. Traveler cukup merogoh kocek Rp 2 ribu untuk parkir sepeda motor atau Rp 3 ribu untuk mobil. Sudah dilengkapi fasilitas toilet dan warung-warung yang menjajakan aneka kuliner.

Selain wisata, Telaga Madirda juga digunakan untuk menggelar upacara keagamaan Melasti oleh umat Hindu jelang perayaan Hari Raya Nyepi. Paling gres Upacara Melasti digelar Minggu, 11 Maret lalu. Upacara ini dimaknai penyucian diri sebelum umat Tridharma melaksanakan upacara Catur Brata pada puncak Hari Raya Nyepi, Sabtu, 17 Maret.

(rs/rud/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia