Selasa, 22 Jan 2019
radarsolo
icon featured
Nasional

TGB Zainul Majdi Komentari Politik Masjid Amien Rais

01 Mei 2018, 20: 51: 42 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

TGB Zainul Majdi Komentari Politik Masjid Amien Rais

SOLO - Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi mengomentari pernyataan politik masjid. Sebab politik masjid harus sesuai dengan konteks dan definisi. Jika untuk membangun kebijakan yang baik, maka bisa dilakukan.

"Tergantung definisi politiknya apa? Kalau untuk membangun kebijakan hal itu sah-sah saja," ujarnya saat menghadiri pertemuan Alumni Al-Azhar di Alila Solo Hotel, Selasa (1/5).

Sebelumnya, terjadi pro kontra mengenai pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang menyebut politik harus disisipkan dalam acara keagamaan dan pengajian. Sejumlah tokoh terkemuka di Indonesia juga mengomentari mengenai hal ini.

Menurut TGB, jika konteksnya untuk memberikan pesan-pesan yang baik dan bermanfaat, tentunya hal tersebut bukan masalah. Namun jika konteksnya sudah mengarahkan untuk memilih atau tidak memilih pihak tertentu, inilah yang tidak dibenarkan.

"Kalau di masjid disuarakan pilih si A, jangan pilih si B. Pilih partai A jangan pilih partai B, itu sangat tidak tepat," ucap TGB yang juga Ketua Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) Indonesia tersebut.

TGB menambahkan, inti dari moderasi Islam adalah tidak mempertantangkan semua hal baik yang ada di kehidupan sosial.

"Islam datang bersama kearifan yang ada, saling melengkapi untuk membangun masyarakat yang baik. Ini yang diajarkan oleh Al-Azhar, pada dasarnya tidak boleh ada pendekatan konfrontatif, semua diajak jadi baik," ujarnya.

Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim mengatakan, kunjungan Ahmed Mohamed Al-Tayeb mendampingi Presiden Joko Widodo membuka Konsultasi Tingkat Tinggi Wasatiyyat Islam di Bogor, Jawa Barat, 1-3 Mei merupakan upaya pemerintah mengembangkan nilai Islam Wasatiyyat atau moderat. Prinsip ini proaktif menata peradaban dunia di tengah tantangan global yang harus disikapi bersama.

(rs/vit/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia