Senin, 20 Aug 2018
radarsolo
icon featured
Radar Solo Events

Literasi Jawa Pos Radar Solo di SMPN 1 Tanon

Buka Cakrawala dan Gali Ilmu

Jumat, 11 May 2018 16:42 | editor : Perdana

Literasi Jawa Pos Radar Solo di SMPN 1 Tanon

RATUSAN siswa SMP Negeri 1 Tanon tampak bersemangat dan antusias menyambut kegiatan Literasi Jawa Pos Radar Solo pada Rabu (9/5) pagi. Pada pagi yang cerah itu, mereka berkesempatan mendapatkan pengetahuan jurnalistik dasar dari tim media Jawa Pos Radar Solo. Mereka berkumpul di halaman sekolah yang beralamat di Jalan Gabugan-Sumbarlawang.

Materi dasar jurnalistik disampaikan dari Kompartemen wilayah Sragen, Endro Supriyadi. Penyampaian materi secara serius namun santai. Materi yang disampaikan, diharapkan menambah khazanah ilmu dan meningkatkan minat baca para siswa. Kegiatan ini diikuti 635 siswa beserta 50 guru dan karyawan

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tanon Purwanti S.Pd mengatakan, sangat mendukung kegiatan untuk meningkatkan minat baca ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan wujud nyata dukungan terkait Gerakan Nasional Orang Tua Baca Buku (Gernas Baku) yang dicanangkan sejak 5 Mei lalu. ”Kegiatan bersama dengan Jawa Pos Radar Solo ini efektif menggerakkan siswa membaca bersama-sama,” ujarnya.

Menurut kepala sekolah yang menjabat sejak Juni 2015 ini, kesadaran kegiatan membaca buku, koran dan sebagainya makin lama makin berkurang. Hal ini karena hadirnya media sosial yang terkesan lebih simpel. Padahal membaca buku maupun koran itu dinilai sangat penting.

”Kami berusaha membiasakan budaya membaca pada anak-anak setiap hari, dan menjadikan rutinitas. Sehingga anak-anak mencintai buku, dengan membaca anak-anak bisa membuka cakrawala dan menggali ilmu yang baru,” ujarnya.

Terkait pelatihan jurnalistik ini, Purwanti menyampaikan sangat bermanfaat bagi para siswanya. Dengan pelatihan ini dapat menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus memotivasi mereka gemar membaca.

Selain itu dalam membekali siswa, tak hanya menuntun untuk sekadar membaca, namun sekolah tersebut merangsang anak-anak agar berkarya melalui menulis. ”Anak-anak juga kita latih untuk menulis. Terutama lewat lomba, seperti menulis sinopsis, menulis puisi, membaca puisi, lomba duta baca untuk mempromosikan perpustakaan,” terangnya.  

SMP Negeri 1 Tanon sendiri bisa dikatakan sekolah yang terus bersaing dalam prestasi. Terbukti, tahun ini sejumlah penghargaan diraih. Seperti menjadi  Sekolah Adiwiyata 2018, memperoleh 9 medali Olimpiade Siswa Nasional (OSN), Juara 2 Lomba sekolah Sehat dan putaran final lomba perpustakaan tingkat kabupaten.

Sementara itu, Ketua OSIS SMP Negeri 1 Tanon Aditya Wardana menyampaikan, sangat senang dengan kegiatan pelatihan jurnalistik bersama Jawa Pos Radar Solo. Karena dia suka membaca koran, terutama berita olahraga terkait sepak bola.

”Kegiatannya bagus dan menarik. Teman-teman juga suka baca Koran. Membuat kita jadi tahu jurnalistik, jadi pandai dan tahu ilmunya,” terang siswa kelas VIII ini. (din/edy)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia