Rabu, 19 Sep 2018
radarsolo
icon featured
Sragen

Kurang Ajar, Limbah Tinja Dibuang Sembarangan

Rabu, 16 May 2018 10:40 | editor : Fery Ardy Susanto

Armada perusahaan sedot WC saat buang limbah tinja di jalur Pungkruk-Gabugan.

Armada perusahaan sedot WC saat buang limbah tinja di jalur Pungkruk-Gabugan. (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

SRAGEN - Ketika masyarakat mulai sadar dan tidak buang air besar sembarangan (babs) karena rawan menimbulkan penyakit, kini masalah baru muncul. Oknum perusahaan jasa sedot tinja malah membuang limbah sembarangan.

Aktivitas tersebut dilakukan di irigasi pertanian di jalur Pungkruk-Gabugan, perbatasan Desa Jono dan Gawan, Sragen. Imbasnya, pengendara yang melintas dan petani sekitar harus menahan napas ketika melintasi lokasi tersebut.

Salah seorang pengguna jalan, Hafid mengeluhkan bau yang ditimbulkan dari limbah tinja.

”Buangnya sembarangan di saluran air persawahan. Ya jelas terganggu karena baunya,” keluhnya kepada Jawa Pos Radar Solo, Selasa (15/5).

Dia menyesalkan ulah tak bertanggung jawap perusahaan jasa sedot tinja tersebut. Karena tidak mempedulikan dampak dari pembuangan limbah tinja yang dilakukan sembarangan.

Kepala Desa (Kades) Jono, Iwan mengaku belum mendapat laporan terkait pembuangan limbah tinja sembarangan. Saat ditunjukkan foto lokasi pembuangan limbah tinja, dia menyebut masuk kawasan Desa Gawan.

Sementara itu, ketika mencoba menghubungi nomor telepon yang terpampang pada armada pengangkut limbah tinja, pria di ujung telepon berjanji melakukan kroscek lapangan.

(rs/din/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia