Minggu, 19 Aug 2018
radarsolo
icon featured
Nasional

Peringati Harkitnas, Pemprov Ziarah Makam dan Bedah Rumah

Selasa, 22 May 2018 12:59 | editor : Fery Ardy Susanto

Bantuan Pemprov Jateng untuk keluarga kurang mampu saat peringatan Harkitnas di Alun-Alun Kabupaten Purbalingga, Senin (21/5).

Bantuan Pemprov Jateng untuk keluarga kurang mampu saat peringatan Harkitnas di Alun-Alun Kabupaten Purbalingga, Senin (21/5). (KOMINFO JATENG)

USAI menjadi inspektur upacara, Plt gubernur berziarah ke makam Tokoh Pendidik Nasional, Prof Dr R Soegarda Poerbakawatja di Desa Prigi, Kecamatan Padamara, Purbalingga. Dulu kiprah Prof Dr Soegarda yaitu sebagai sekretaris penyelidik pengajaran yang diketuai Ki Hajar Dewantara pada 1949-1961. Kemudian salah satu pendiri Universitas Gadjah Mada, konseptor pendirian Perguruan Tinggi Pendidikan Guru yang kemudian disebut IKIP, dan pendiri Universitas Cendrawasih di Jayapura. Bahkan pada 1977, Prof Dr Soegarda menerima penghargaan dari Presiden Soeharto sebagai  Perintis Pengembangan Pendidikan Tinggi.

Ziarah selajutnya di Pesarean Keboetoh Kecamatan Sokaraja. Tabur bunga dilakukan di makam Prof Angka Projosudirjo, Dr Margono Soekarjo, dan Bupati Purbalingga ke-13 R Mas Kartono. Prof Angka merupakan salah satu tokoh yang memiliki  peran saat berdirinya organisasi Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908. Pada fase awal pembentukan organisasi, Prof Angka menjabat sebagai bendahara.

Plt Gubernur menuturkan, ziarah di makam pahlawan ini untuk mengenalkan semangat kebangsaan, mengenalkan cita-cita awal kemerdekaan, terutama pada generasi muda. Di samping, memberikan inspirasi pada generasi muda, di tengah kondisi bangsa yang sengsara, para pahlawan bisa bangkit menyatukan tekad untuk merdeka. 

Dalam kesempatan yang hampir bersamaan, juga diserahkan bantuan dana sosial kepada veteran pejuang kemerdekaan RI. Yang diserahkan oleh Plt Gubernur Jateng Drs H Heru Sudjatmoko MSi kepada Sueb, 89,   pejuang veteran yang tinggal di Desa Padamara RT 06/ RW II Kecamatan Padamara

Sueb menjadi salah seorang veteran pejuang kemerdekaan RI yang beruntung memperoleh dana sosial Bank Jateng sebesar Rp 49.713.000 untuk bedah rumah. Atap bambu rumah Sueb yang semula rapuh kini sudah diganti dengan genting. Rumah pria yang saat ini mengabdi sebagai guru ngaji itu juga dicat menjadi makin indah.

“Kita melihat bagaimana pemugaran rumah veteran pejuang. Ini sebagai rasa hormat, tanda kasih atau tanda tresna dari pemerintah untuk mereka. Semoga bermanfaat,” ujar Heru Sudjatmoko.

Selain meninjau rehab rumah Sueb, Plt Gubernur Heru juga menyambangi rumah Basiran, salah seorang veteran pejuang kemerdekaan RI yang tinggal di Desa Kalikidang RT 01/ RW I Kecamatan Sokaraja. Basiran juga menjadi salah seorang veteran pejuang yang beruntung memperoleh bantuan dana sosial Bank Jateng sebesar Rp 65.998.000 untuk bedah rumah. (kom)

(rs/bay/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia