Selasa, 21 Aug 2018
radarsolo
icon featured
Pendidikan

Tanamkan Sikap Peduli Sejak Dini

Jumat, 01 Jun 2018 14:36 | editor : Fery Ardy Susanto

Murid SDIT Nur Hidayah belajar membuat parcel untuk dibagikan ke petugas sekolah.

Murid SDIT Nur Hidayah belajar membuat parcel untuk dibagikan ke petugas sekolah. (SEPTINA FADIA PUTRI/RADAR SOLO)

SOLO - Pesantren Ramadan di SDIT Nur Hidayah makin seru. Para murid diajak membuat kartu ucapan sekaligus membungkus parcel Lebaran, Kamis (31/5). Sebanyak 132 murid kelas satu ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Beragam ucapan menyambut Hari Raya Idul Fitri mereka tuliskan di selembar kertas. Ambil contoh, Sedekah Mengeratkan Ukhuwah, Sayangi yang di Bumi maka akan Disayangi yang di langit, dan sebagainya. Kartu ucapan tersebut dihias dengan aksesori beragam warna.

Puas membuat kartu ucapan, kegiatan dilanjutkan membungkus parcel. Para guru mengarahkan dengan membentuk kelompok yang saling bekerja sama untuk menata dan membungkus sampai menghias parcel. Tak lupa kartu ucapan ditata sedemikian rupa dalam parcel.

Para guru memotivasi bahwa memberikan sesuatu kepada orang lain hendaklah yang terbaik dan diberikan dengan cara terbaik pula. Karena itu, parcel tersebut dibentuk seindah mungkin.

Setelah parcel siap, para murid menyerahkannya kepada petugas cleaning service, lima petugas satpam, enam petugas bagian tata usaha (TU), dan dua petugas pembantu umum (PU). Mereka tampak semringah.

“Kegiatan ini bertujuan menanamkan sikap gemar berbagi kepada anak-anak. Untuk menyiapkan mereka lebih menghargai apa yang dimiliki. Membentuk pribadi dermawan sekaligus peduli kepada sekitar. Terlebih di bulan Ramadan. Maka kami didik murid agar tertanam kuat karakter kebaikannya,” beber koordinator paralel kelas 1 Sugeng Sugiharto kepada Jawa Pos Radar Solo.

Sementara itu, salah seorang siswa, Barra Azfar Azaria mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut karena bisa berbagi rezeki di bulan Ramadan.

“Dari rumah, mama membawakan minyak goreng. Alhamdulillah bisa berbagi kebahagiaan terhadap sesama. Aku jadi ingin bisa memberi lagi ke semua orang,” katanya.

(rs/aya/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia