Minggu, 23 Sep 2018
radarsolo
icon featured
Kesehatan

388 Orang di Wonogiri Mengidap HIV/AIDS

Minggu, 10 Jun 2018 15:20 | editor : Fery Ardy Susanto

388 Orang di Wonogiri Mengidap HIV/AIDS

WONOGIRI - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri Adhi Dharma mengatakan  jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Wonogi dari 2001 sampai 2017, tercatat ada sebanyak 388 orang. Catatan ini dengan perincian 173 perempuan, dan 215 laki-laki yang tersebar di 25 Kecamatan di Wonogiri.

Pemerintah kabupaten sendiri melakukan antisipasi dengan membentuk Warga Peduli AIDS (WPA). Salah satu tugasnya ialah memberikan sosialisasi tentang langkah antisipasi penyebaran HIV/AIDS. Hingga 2017 telah berdiri sebanyak 22 WPA di Wonogiri, kemudian pada Juni 2018 telah ada 14 kecamatan yang sudah mendeklarasikan berdirinya WPA.

”Di 14 kecamatan telah berdiri WPA di masing-masing desa,” ucap Adhi Dharma.

Pemkab Wonogiri berharap WPA bisa rutin memberikan sosialisasi, pelatihan hingga edukasi kepada masyarakat.

”Dengan adanya WPA diharapkan bisa mendeteksi HIV sejak dini untuk mempermudah penanganan dan penanggulangannya,” kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

Orang nomor satu di Wonogiri ini bahkan mengakui salah satu antisipasi penyebaran penderita HIV/AIDS bisa saja berasal dari para perantau.

”Dari data yang kami miliki, penularannya sebagian besar malah dari perantau. Jadi harus diwaspadai,” ungkap pria yang akrab disapa Jekek tersebut.

(rs/kwl/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia