Senin, 20 Aug 2018
radarsolo
icon featured
Solo

New Galabo Diresmikan, Solo Resmi Ibu Kota Kuliner

Senin, 11 Jun 2018 10:49 | editor : Fery Ardy Susanto

New Galabo Diresmikan, Solo Resmi Ibu Kota Kuliner

SOLO - Gladak Langen Bogan (Galabo) akhirnya diresmikan, Minggu malam (10/6). Seakan reinkarnasi, pusat jajan malam di Kota Bengawan itu kian mengukuhkan Kota Solo adalah ibu kota kuliner di Indonesia.

Wali Kota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo sengaja memilih lima hari sebelum Idul Fitri untuk meresmikan Galabo. Meskipun sejatinya beberapa hari sebelumnya para pedagang sudah mulai beraktivitas menjajakkan berbagai macam sajian kuliner.

“Yang mudik, meskipun lewat tol tetapi kalau lapar ya monggo mampir ke sini dulu. Yang sudah lama di luar kota juga bisa menikmati Galabo dengan wajah yang baru,” terang pria yang akrab disapa Rudy ini kepada Jawa Pos Radar Solo.

Galabo kini menempati lokasi baru, yakni halaman parkir Beteng Vestenburg sisi selatan. Jaraknya hanya beberapa meter dari lokasi lama yang dulu tepat berada di depan Pusat Grosir Solo (PGS) dan Beteng Trade center (BTC).

Di Galabo baru, terdapat puluhan jenis makanan yang siap memanjakan lidah para pemudik. Mulai dari jajanan pasar khas Kota Bengawan hingga makanan olahan modern bak restoran bintang lima. Dengan konsep lebih tertata, wali kota ingin masyarakat dapat menikmati kuliner dengan nyaman dan tidak mengganggu lalu lintas.

“Galabo sekarang tidak menutup jalan. Jalan Mayor Sunaryo sekarang buka 24 jam. Parkir juga luas dan tidak menggunakan badan jalan. Pokoknya sekarang lebih baik,” ucapnya.

Kepala Dinas Perdagangan Surakarta, Subagyo menambahkan, Galabo baru menggunakan anggaran corporate social responsibility (CSR) dari salah satu perbankan. Termasuk pengadaan gerobak untuk pedagang juga didukung salah satu BUMN.

“Semua ini gotong royong. Pedagang tinggal menempati saja. Syaratnya, mereka harus ikut menjaga,” katanya.

(rs/irw/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia