Minggu, 19 Aug 2018
radarsolo
icon featured
Features

Pet Hotel, Jasa Penitipan Hewan dengan Fasilitas Premium dan Wah

Senin, 11 Jun 2018 11:31 | editor : Fery Ardy Susanto

Owner Febel Pet Gallery Solo-Surabaya, Yohana Fransiska.

Owner Febel Pet Gallery Solo-Surabaya, Yohana Fransiska. (SILVESTER KURNIAWAN/RADAR SOLO)

BAGI pemilik satwa, menjadi dilema ketika harus liburan panjang ke luar kota saat Lebaran. Di sisi lain satwa-satwa itu butuh diurus setiap hari. Nah, krusial ini dimanfaatkan untuk menawarkan jasa pet hotel alias "hotel hewan" kelas wahid.

Sejumlah tempat penitipan hewan beberapa tahun terakhir berkembang pesat. Tak sekadar penitipan, tapi juga menyediakan fasilitas mumpuni.

Secara garis besar, fasilitas yang diberikan tak jauh beda dengan tempat titip hewan pada umumnya. Hanya saja memang berbagai pelayanan dan penanganan semua diberikan dengan standar premium agar hewan-hewan merasa nyaman.

Salah satunya berlokasi di kawasan Solo Baru, Sukoharjo. Namanya Fabel Pet Gallery. Tempatnya bersih. Meski berbagai mamalia saling berdekatan dan berinteraksi, suasana gaduh sama sekali tak terlihat. Yang ada, hewan-hewan titipan ini justru terlihat nyaman untuk berinteraksi satu sama lain.

“Kebetulan kalau siang seperti ini tidak ada kegiatan perawatan. Karena kalau siang, itu waktu bebasnya mereka,” sahut Owner Febel Pet Gallery Solo-Surabaya, Yohana Fransiska, 28, kepada Jawa Pos Radar Solo.

Apa saja isi di dalamnya? Di lantai pertama, sejumlah hewan berinteraksi dengan nyaman. Bahkan saat ada seekor anjing berhadapan dengan kucing, mereka tetap berdampinga dengan tenang.

“Tergantung cara kita mengatasi situasinya saja dan memberi pemahaman pada hewan. Karena tidak serta-merta saat anjing bertatap muka dengan kucing saling kejar,” gurau Yohana.

Masih di lantai yang sama, terdapat ruang yang seluruhnya tertutup kaca. Saat ditanya, si empu hotel menjawab di ruangan itu hewan titipan mendapat perawatan kelas wahid. Seperti grooming, hair cut, dan pet hotel.

Grooming ini tempat perawatan paket mandi, potong kuku, bersihkan telinga dan lainnya layaknya sebuah salon kecantikan manusia,” ujarnya.

Sementara hair cut dilakukan saat pemilik hewan menginginkan potongan rambut khusus atau saat hewan peliharaan membutuhkan penanganan khusus pada kulit. Sedangkan untuk pet hotel merupakan sarana yang disediakan khusus untuk menitipkan hewan yang nantinya difasilitasi dengan servis harian yang memuaskan.

Naik ke lantai dua, pemandangan jauh berbeda dari lantai sebelumnya. Jika lantai pertama banyak kandang ukuran besar, pada lantai dua terlihat hanya tumpukan rak-rak kecil. Isinya bermacam reptil. Yohana pun mengeluarkan tiga ekor reptil jenis tokek dari beberapa kandang ukuran kecil.

Sekilas, tokek ini berbeda dengan tokek-tokek di lingkungan rumah kita. Warnanya kuning terang dengan ekor gempal. Menandakan tokek tersebut bukan berasal dari Indonesia.

“Ini Leopard Gecko dari Pakistan. Selain tokek juga ada reptil jenis lain,” ujar Yohana.

Disinggung layanan yang diberikan, Yohana mengaku reptil jauh lebih simpel. Tak perlu dimandikan seperti mamalia. Serta tak butuh makan tiap hari.

Pet hotel reptil tergantung kebutuhan. Misal reptil butuh kena sinar matahari seperti kura-kura, ya diberikan waktu untuk berjemur di halaman yang asri. Nanti juga diberikan waktu buat berendam juga. Kalau reptil biasanya saya bawa ke rumah karena lahan hijaunya lebih banyak di rumah saya dari pada di dalam ruko,” urai Yohana.

Disinggung tarif, ternyata masih terjangkau. Hanya di kisaran Rp 35 ribu untuk mamalia dan Rp 25 ribu untuk reptil. Bahkan, untuk layanan pet hotel, dikenakan tarif Rp 35-65 ribu per malam.

“Nanti kalau yang titip lama bisa kami beri diskon,” candanya.

(rs/ves/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia