Minggu, 19 Aug 2018
radarsolo
icon featured
Jateng

Pemprov Jateng Halal Bihalal dengan Masyarakat, 25 Juni

Selasa, 12 Jun 2018 12:21 | editor : Fery Ardy Susanto

Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko (tengah) saat meninjau proyek Tol Semarang-Batang.

Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko (tengah) saat meninjau proyek Tol Semarang-Batang. (PEMPROV JATENG)

SEMARANG - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko dijadwalkan akan melaksanakan Salat Idul Fitri di Lapangan Pancasila (Simpang Lima). Sementara, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono direncanakan mengikuti Salat Id di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).

Pelaksana Tugas Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jawa Tengah Herru Setiadhie SH MSi menyampaikan, kendati Plt Gubernur Heru Sudjatmoko melaksanakan Salat Id di Simpanglima, namun sebelumnya, Rabu (13/6), Plt Gubernur akan menyerahkan zakat fitrah di MAJT. Sebaliknya, Sekda Sri Puryono akan memberikan zakat fitrah di Masjid Baiturahman Semarang, Kamis (14/6). Zakat tersebut diberikan langsung kepada masyarakat yang berhak menerima.

“Untuk waktu pelaksanaan Salat Id, tergantung dari keputusan hasil sidang isbat penentuan 1 Syawal 1439 H yang diselenggarakan Kementerian Agama RI,” bebernya, Selasa (12/6).

Ditambahkan, berbeda dengan tahun sebelumnya, pada lebaran 2018 ini silaturahmi dan halal bihalal dengan jajaran Forkopimda se-Jawa Tengah, bupati/ wali kota, Kepala SKPD, maupun masyarakat tidak diselenggarakan pada hari pertama masuk kerja, atau Kamis (21/6). Silaturahmi dan halal bihalal dengan gubernur akan dilangsungkan pada Senin (25/6), di Gedung A Lantai 1 Kantor Gubernur Jawa Tengah.

“Hal itu untuk memberikan kesempatan kepada Forkopimda, bupati/ wali kota, Kepala SKPD, bersilaturahmi dan halal bihalal dengan jajarannya, termasuk dengan stakeholder mereka,” terang Herru.

Agar tidak terjadi penumpukan, katanya, halal bihalal akan dibagi dalam beberapa sesi. Pada pagi hari, tepatnya setelah apel, akan diberikan kesempatan halal bihalal dengan karyawan Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, dan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) yang berkantor di lingkup Kantor Gubernur. Selanjutnya, mulai pukul 08.30 dibuka kesempatan silaturahmi dan halal bihalal dengan jajaran SKPD, BUMN, BUMD, Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Jawa Tengah.

Kemudian, mulai pukul 10.00, silaturahmi dan halal bihalal dengan bupati/ wali kota se-Jateng, pimpinan organisasi masyarakat, pimpinan organisasi keagamaan, tokoh masyarakat, tokoh agama, Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI), dan masyarakat.

“Bagi masyarakat yang hendak bersilaturahmi, silakan datang ke Kantor Gubernur. Kami terbuka untuk masyarakat,” tuturnya.

Menjelang Lebaran, Heru juga berpesan agar masyarakat tak berlebihan dalam berbelanja. Sesuaikan dengan kebutuhan, sebab berhemat juga dianjurkan dalam agama.

“Masyarakat yang hendak bepergian, hati-hati selama di perjalanan. Pastikan rumah dalam kondisi aman untuk ditinggalkan. Dan bagi pemudik yang akan kembali ke Jakarta atau provinsi lainnya, usahakan untuk tidak ngajak-ngajak orang. Di Jawa Tengah, lapangan pekerjaan masih terbuka selama kita mau berusaha,” tandasnya. (kom)

(rs/bay/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia