Minggu, 19 Aug 2018
radarsolo
icon featured
Klaten

Polisi Pasang Barikade di Jalanan Klaten

Selasa, 12 Jun 2018 13:45 | editor : Fery Ardy Susanto

Pemasangan berikade di perempatan Bendogantungan.

Pemasangan berikade di perempatan Bendogantungan. (DOK. POLRES KLATEN)

KLATEN - Kepadatan arus kendaraan yang memasuki wilayah Kabupaten Klaten mulai mengalami peningkatan H-4 Lebaran, Senin (11/6). Mengurai kemacetan, jajaran Satlantas Polres Klaten melakukan pemasangan barikade jalan di tiga titik persimpangan jalan. Yakni di simpang empat Bendogantungan, Delanggu, dan Prambanan.

”Sejak H-5 memang mengalami peningkatan kendaraan, sehingga perlu kami antisipasi dengan rekayasa lalu lintas. Salah satunya dengan pemasangan barikade di Bendogantungan karena jarak lalu lintas dengan perempatan Tegalyoso sangat berdekatan. Sehingga dikhawatirkan menimbulkan titik kemacetan baru,” kata Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Satlantas Polres Klaten, Iptu Sarwoko mewakili Kapolres, AKBP Juli Agung Pramono.

Memang perempatan Tegalyoso hingga DPC Golkar Klaten yang berjarak sekitar 2 km terdapat tiga lampu alat penanda instruksi lalu lintas (APILL). Jika tetap dipaksakan pengaturan lalu lintas seperti hari biasa maka kepolisian akan kesulitan untuk mengurai kendaraan di perempatan Tegalyoso. Mengingat dari pengalaman sebelumnya jika satu kendaraan ke lainnya memiliki jarak yang begitu rapat.

”Pemasangan barikade terus kami lakukan secara bertahap di tiga titik yang sudah ditentukan tersebut. Persimpangan yang pasang barikade berarti lampu merahnya tidak difungsikan. Dari hasil evaluasi tahun kemarin, arus kendaraan menjadi lancar,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Slamet Widodo mengatakan, pemasangan rambu-rambu lalu lintas yang berada di jalur alternatif sudah dilakukan. Pemudik yang terkena kemacetan di jalur utama dapat memanfaatkan jalur alternatif yang telah disiapkan bersama Satlantas Polres Klaten tersebut.

”Kami koordinasikan dengan Satlantas Polres Klaten untuk melakukan rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan arus lalu lintas di jalur utama. Bisa kita alihkan dengan melintasi jalur alternatif yang sudah kami siapkan itu,” jelasnya.

(rs/ren/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia