Rabu, 22 Aug 2018
radarsolo
icon featured
Wonogiri

Animo Mudik Gratis Begitu Besar

Selasa, 12 Jun 2018 14:30 | editor : Fery Ardy Susanto

Peserta mudik gratis tiba di Wonogiri, Minggu malam (10/6).

Peserta mudik gratis tiba di Wonogiri, Minggu malam (10/6). (IWAN KAWUL/RADAR SOLO)

WONOGIRI - Peserta program mudik gratis yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Wonogiri telah tiba di Wonogiri. Koordinator Mudik Gratis, Hadi Suwarno di sela-sela transit di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Minggu (10/6) malam mengatakan bahwa animo pemudik asal Jabodetabek memang begitu luar biasa. Dari kuota 1.720 kursi, dalam waktu dua jam sudah ludes dipesan. Bahkan, banyak perantau yang tidak kebagian tiket.

”Kemarin waktu pendaftaran calon peserta mudik gratis itu langsung diserbu, hanya dua jam kuota pemudik terpenuhi,” ujar Hadi kepada Jawa Pos Radar Solo.

Menurut Hadi, saat proses pendaftaran, pihaknya menerapkan persyaratan yang sangat selektif. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah benar-benar warga asli Wonogiri.

”Ya, harus KTP Wonogiri, syaratnya ketat,” katanya.

Menyikapi animo yang luar biasa ini, Hadi meminta pemkab untuk menambah kuota peserta mudik gratis pada Lebaran tahun depan. Hal ini mengingat, jumlah perantau di Jakarta mencapai kurang lebih 60 ribu orang.

”Pemudik diberangkatkan dari 11 titik secara serentak pada pukul 07.15 dan tiba di Wonogiri sekitar pukul 22.00,” tambahnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Suharno mewakili Bupati Wonogiri, Joko Sutopo menegaskan bahwa jumlah kuota program mudik gratis meningkat setiap tahunnya. Mulai dari hanya 2 bus, meningkat drastis pada 2018 menjadi 43 bus.

”Kuota memang selalu kami naikan, nanti akan kami evaluasi lagi. Yang pasti kenaikan kuota akan dilakukan secara bertahap,” kata Suharno disela-sela menyambut kedatangan pemudik.

(rs/kwl/fer/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia