Senin, 09 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Klaten

Layanan E-KTP Lengang saat Lebaran

20 Juni 2018, 13: 30: 59 WIB | editor : Fery Ardy Susanto

Pelayanan erekaman data e-KTP di Kantor Dispendukcapil Klaten, Selasa (19/6).

Pelayanan erekaman data e-KTP di Kantor Dispendukcapil Klaten, Selasa (19/6). (ANGGA PURENDA/RADAR SOLO)

Share this      

KLATEN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Klaten tetap membuka layanannya selama cuti Lebaran, 11-20 Juni ini. Kendati demikian, waktu pelayanan cukup singkat. Hanya meayani mulai pukul 08.00-14.00 WIB saja. Sementara itu pemohon perekaman pun tak sebanyak hari biasa.

Kepala Disdukcapil Klaten, Widya Sutrisna menjelaskan, layanan pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk) saat libur Lebaran untuk mengakomodasi para perantau. Selain itu juga melayani administrasi lainnya yang bisa mendukung persyaratan untuk melamar kerja.

”Kalau Pegawai Negeri Sipil (PNS) lainnya cuti Lebaran, tetapi kami tetap masuk melaksanakan piket. Tentunya dengan membagi tugas pelayanan kepada masyarakat. Mulai dari melakukan rekam e-KTP hingga legalisir. Setiap harinya terdapat 17 orang yang kami siagakan di kantor. Dilakukan secara bergilir selama tujuh hari,” terang Sutrisna kepada Jawa Pos Radar Solo, Selasa (19/6).

Jajaran PNS di lingkungan Disdukcapil Klaten hanya libur tiga hari saja saat Lebaran. Diharapkan layanan di disdukcapil yang tetap buka selama cuti Lebaran kali ini bisa dimanfaatkan para pemudik.

”Selama ini ada sejumlah kendala yang dihadapi dalam pencetakan e-KTP. Meski telah melakukan perekaman, tetapi tidak bisa langsung dicetak. Ada banyak warga yang datang ke sini karena KTP-nya yang hilang, rusak, maupun ganti status,” tandasnya.

Parno, 39, warga Desa Planggu, Kecamatan Trucuk memanfaatkan libur Lebaran ini untuk membuat e-KTP. Bersama keponakannya, Parno merupakan perantauan asal Jakarta.

”Kebetulan sudah mudik seminggu sebelum Lebaran. Mumpung pulang sekalian bikin e-KTP. Kebetulan KTP saya dan keponakan belum elektronik,” jelas Parno yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh bangunan tersebut.

Parno merasa terbantu dengan dibukanya pelayanan di disdukcapil saat Lebaran. Apalagi antreannya tidak terlalu memakan waktu lama.

”Sementara baru dapat surat keterangan (Suket). Tapi tidak apa-apa, yang penting di Jakarta nanti sudah pegang identitas resmi,” bebernya.

(rs/ren/fer/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia