Kamis, 15 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Olahraga
Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018

26 Atlet Peserta Raih Tiket Emas

Selasa, 07 Aug 2018 19:40 | editor : Perdana

LEGA: Para peraih tiket emas Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 di GOR RM Said, Karanganyar.

LEGA: Para peraih tiket emas Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 di GOR RM Said, Karanganyar. (NIKKO AUGLANDY/RADAR SOLO)

KARANGANYAR – Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 di Karanganyar akhirnya sudah selesai. PB Djarum akhirnya sudak menetukan ada 26 pebulutangkis muda yang akan melaju ke babak final audisi di Kudus, September mendatang.

Mereka yang mendapat tiket emas berasal dari enam kategori yakni U-11 Putra, U-11 Putri, U-13 Putra, U-13 Putri, U-15 Putra, dan U-15 Putri.

Dari 26 yang mendapat tiket emas, ternyata 16 diantaranya berasal dari pemain potensial dari eks-Karesidenan Surakarta.

Tuan rumah Karanganyar diwakili dua wakil, yakni Raditya Yuda Wibowo di kelas U-15 Putra, dan Abdul Latif Nur Al Luqman yang mendapat super tiket di kelas U-13 Putra

Se-eks Karesidenan Surakarta, Kabupaten Sukoharjo paling banyak mengirimkan wakilnya. Tercatat ada enam nama. 

”Bagi adik-adik yang belum lolos, masih ada kesempatan untuk menuju Kudus, karena masih ada audisi di kota liannya. Jangan patah semangat, tidak usah ada perasaan putus asa. Tetap berlatih, kesempatan masih terbuka," ungkap Manajer Tim PB Djarum Fung Permadi.

Karanganyar merupakan satu di antara delapan kota yang menjadi rangkaian gelaran Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018. Tahapan dimulai dengan fase registrasi dengan total pendaftar mencapai 871 pebulutangkis muda. 

Para Tim Pencari Bakat yang terdiri dari legenda bulutangkis Indonesia dan pelatih PB Djarum sudha bekerja keras untuk menentukan nama. Tim Pencari Bakat sendiri terdiri dari Fung Permadi, Basri Yusuf, Yuni Kartika, Sigit Budiarto, Alvent Yulianto, Tri Kusharjanto, dan Sulaiman.

Dalam tahap screening ini, jumlah peserta yang dinyatakan lolos sebanyak 265 orang yang selanjutnya bertarung sengit di tahap turnamen. Tahap ini digelar selama dua hari, yakni pada Minggu-Senin (4-6 Agustus 2018). Di hari pertama tahap turnamen dengan sistem gugur ini, para peserta semakin terseleksi menjadi 72 orang. Hingga kemudian puluhan peserta tersebut kembali bertarung dan menghasilkan 18 pebulutangkis muda yang layak mendapat Super Tiket dan berhak mengikuti Final Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 di Kota Kudus pada 7-9 September 2018.

Super Tiket tidak hanya diberikan bagi peserta yang berhasil memuncaki tahap turnamen saja. Tim Pencari Bakat juga memberikan super tiket pilihan bagi mereka yang gugur dalam fase turnamen, namun dianggap memiliki bakat dan potensi. Tim Pencari Bakat memberikan 8 Super Tiket Pilihan. Sehingga total terdapat 26 Super Tiket bagi pebulutangkis muda yang akan berlaga di final audisi.

”Perjalanan langkah mereka belum berakhir. Ini malah jadi awal untuk mereka manatap persaingan yang lebih berat, karena akan melawan mereka yang jug alolos di tahan audisi, dari berabagai kota tempat audisi PB Djarum digelar,” terangnya.

Sementara, Program Associate Bakti Olahraga Djarum Foundation Abraham Delta Oktaviari mengapresiasi semangat dari para peserta, orangtua, maupun pelatih, yang telah menjadikan olahraga bulutangkis sebagai penyaluran bakat dan prestasi. 

"Sepanjang tahun ini, di Karanganyar tercatat sebagai salah satu jumlah peserta terbanyak dengan pencapaian 871 atlet. Para peserta yang datang ke Karanganyar tidak hanya dari eks-Karesidenan Surakarta, tapi dari kota-kota lain di Pulau Jawa hingga beberapa kabupaten di Sumatera," ujarnya. (nik)

PERAIH TIKET EMAS 

U11 PUTRI

Agastya Kumala Ardianti Sragen

Nayla Shofi Wibowo Demak

U13 PUTRI

Azranaysha Pandya Adhita Sukoharjo

Rifa Elfariani Istiqomah Wonogiri

U11 PUTRA

Muhammad Nashrulloh Alhabsyi Boyolali

Dovi Inka Putra Indrayana Kendal

Giovan Excelino Arissandy Klaten

Tegar Alfarisi Jalu Pamungkas Sukoharjo

U13 PUTRA

Ilmi Ahmad Fadhillah Solo

Surya Maulana Temanggung

Ikhsan Lintang Pramudya Klaten

Abdul Latif Nur Al Luqman Karanganyar

U15 PUTRA

Muhammad Rayhan Saputra Sukoharjo

Gigih Pribadi Boyolali

Muammar Khadafi Sukoharjo

Andy Setiawan Sukoharjo

U15 PUTRI

Septia Ningrum Rahmadani Jepara

Chelsea Putri Mairera Sensa Banyuwangi

SUPER TIKET TAMBAHAN: 

U11 PUTRI -  Rumaisya Farra Assajida - Boyolali

U11 PUTRI - Eka Puspita Anggraini - Nganjuk

U13 PUTRI - Aura Zalfa Syafiya - Bekasi

U13 PUTRI - Lintang Ari Rahmawati - Sukoharjo

U11 PUTRA - Dexter Delyon Selindra - Semarang

U15 PUTRA - Raditya Arvel Octaviano - Pati

U15 PUTRA - Raditya Yuda Wibowo - Karanganyar

U15 PUTRI - Aurealia Salsabila - Surabaya

Usai di Karanganyar, PB Djarum akan melanjutkan Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis Kota Kudus. Para atlet yang berhasil lolos dari fase Audisi Umum di Karanganyar akan melaju ke babak Final Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis, di GOR Djarum, Jati, Kudus, pada 7-9 September 2018. Di tahap final ini mereka akan kembali berkompetisi dengan para atlet dari kota-kota lainnya sebelum akhirnya diumumkan siapa saja yang resmi diterima menjadi atlet PB Djarum.

Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 dapat diikuti oleh atlet putra dan putri berkewarganegaraan Indonesia dengan kategori U11 (berusia 6-10), U13 (untuk peserta dengan umur 11-12 tahun), dan U15 (untuk peserta dengan umur 13-14 tahun). Audisi akan dilakukan dalam bentuk kompetisi dengan sistem gugur. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman www.pbdjarum.org atau dengan mendaftarkan diri secara langsung sehari sebelum pelaksanaan Audisi Umum di GOR setiap kota audisi. Peserta diwajibkan melakukan daftar ulang satu hari sebelum tahap seleksi (H-1) sesuai kota audisi pilihannya.

(rs/NIK/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia