Jumat, 06 Dec 2019
radarsolo
icon featured
Solo

Pesan Kebhinekaan lewat Peran Tokoh Wayang

15 Agustus 2018, 13: 39: 47 WIB | editor : Perdana

Pesan Kebhinekaan lewat Peran Tokoh Wayang

SOLO - Puluhan wayang ukuran jumbo ditata rapi sedemikian rupa di bekas SDN Belik 2 Purwodiningratan, Jebres, Selasa kemarin (14/8). Wayang-wayang ini rencananya bakal diarak untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Perajin wayang Edy Cahyo mengatakan, wayang-wayang tersebut sengaja dibuat untuk ditampilkan dalam pawai pembangunan Sabtu mendatang. Pihaknya mengaku dipesan khusus oleh berbagai pihak yang nantinya terlibat dalam pawai pembangunan jauh-jauh hari sebelumnya agar mampu memenuhi kebutuhan saat pawai berlangsung. “Saya buat 30 wayang ukuran 2 meter dan satu wayang super besar ukuran 10 meter,” jelas Edy pada Jawa Pos Radar Solo, kemarin.

Dijelaskan dia, wayang ukuran 2 meter tersebut terdiri dari berbagai tokoh pewayangan. Sementara untuk ukuran 10 meternya dirinya memilih tokoh Kumbakarna. Sosok raksasa berwajah merah yang merupakan adik kandung Rahwana ini sengaja dipilih untuk mengedukasi masyarakat. Sebab, dibalik sosok buto dan wajah buruknya tersimpan sifat-sifat kesatria dan seringkali mengingatkan perbuatan buruk kakaknya, Rahwana. “Kami buat sesuai permintaan saja. Paling dua hari ini proses finishing selesai,” jelas dia. 

Kirab pembangunan ini akan digelar di ruas Jalan Slamet Riyadi dari Koridor Sriwedari hingga Balai Kota Solo dengan berbagai peserta dengan beragam kostum unik dan menarik perwakilan berbagai instansi di Kota Solo, baik negeri maupun swasta serta masyarakat. 

“Pawai ini bukan hanya untuk memperingati HUT RI saja, tetapi juga menunjukkan kebhinekaan dan gotong-royong tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan. Kebersamaaan ini diharap bisa membuat Solo makin aman, nyaman dan kondusif,” ujar Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo. (ves/bun)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia