Minggu, 26 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Renovasi Bangsal Pradangga Mendesak

30 Agustus 2018, 15: 37: 01 WIB | editor : Perdana

CAGAR BUDAYA: Bangsal Pradangga yang kondisinya membutuhkan perbaikan. 

CAGAR BUDAYA: Bangsal Pradangga yang kondisinya membutuhkan perbaikan.  (DAMIANUS BRAM/RADAR SOLO)

Share this      

SOLO – Pengelola Masjid Agung Surakarta berharap Bangsal Pradangga yang terletak tak jauh dari pintu masuk masjid segera diperbaiki. Kondisi bangsal yang biasa digunakan sebagai lokasi menabuh gamelan Sekaten tersebut dalam kondisi kurang layak.

"Bangsal ini dibangun bersamaan dengan pembangunan Masjid Agung," jelas Sekretaris Masjid Agung Surakarta Muhammad Mukhtarom, Rabu (29/8).

Dia memprediksi, bangsal dibangun pada masa pemerintahan Paku Buwono (PB) III sekitar 1963-1968. Pantauan Jawa Pos Radar Solo, kondisi atap bangsal Pradangga atau lebih dikenal sebagai Pagongan sudah banyak yang bocor. Selain itu, kayu-kayu penyangganya juga lapuk. 

Menurut Mukhtarom, dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (DPUPR) Kota Surakarta sudah meninjau lokasi untuk memastikan bagian bangunan bangsal yang rusak. 

Pengelola Masjid Agung Surakarta berharap, perbaikan bangsal dapat segera dilakukan mengingat akhir tahun ini Sekaten kembali digelar, dan bangsal tersebut akan difungsikan untuk memainkan gamelan Kiai Guntur Madu dan Kiai Guntur Sari. 

"Karena kalau hujan, bangsal terocoh (bocor, Red). Jika tidak segera diperbaiki, nanti sayang gamelannya kena air hujan bisa rusak,” katanya. (ves/wa)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia