Kamis, 15 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Karanganyar

TPS Liar Coreng Wajah Kota

Rabu, 12 Sep 2018 18:47 | editor : Perdana

JAGA LINGKUNGAN: Petugas kebersihan dibantu anggota Polri membersihkan sampah sisa penebangan pohon, Selasa (11/9).

JAGA LINGKUNGAN: Petugas kebersihan dibantu anggota Polri membersihkan sampah sisa penebangan pohon, Selasa (11/9). (RUDI HARTONO/RADAR SOLO)

KARANGANYAR – Keberadaan tempat pembuangan sampah (TPS) liar di jalan utama dan lokasi strategis lainnya menjadi perhatian serius pemkab. Dengan menggandeng sejumlah instansi, TPS liar tersebut segera ditutup.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karanganyar Edy Yusworo menyayangkan rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan tetap bersih. 

“(TPS liar, Red) ada yang di akses masuk menuju Karanganyar. Seperti di depan kantor kepala Desa Jaten. Kemudian di wilayah Jati yang berbatasan dengan Sukoharjo, dan Palur yang merupakan jalan utama masuk Karanganyar,” tegasnya dalam kegiatan Grebeg Sampah di Jaten, Selasa (11/9).

Melihat kondisi tersebut, pemkab tidak berpangku tangan. Papan larangan membuang sampah sembarang telah disebar di sejumlah titik. Tapi, upaya tersebut sia-sia.

“Kesadara mereka (warga, Red) menjaga kebersihan sangat kurang. Makanya kita gandeng aparat terkait untuk melakukan pengawasan dan memberikan imbauan secara tegas agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan,” tandas dia.

Wakapolsek Jaten Iptu Maryadi menambahkan, pihaknya mendukung upaya pemkab menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman. Sebab, jika semakin banyak TPS liar, tentu kondisi Bumi Intanpari menjadi tidak nyaman. Wisatawan pun bakal terganggu. 

“Tidak hanya memasang spanduk larangan buang sampah, kita akan lakukan patroli. Jika ada yang kedapatan buang sampah sembarangan, kita akan tegur,” tegas dia. (rud/wa)

(rs/rud/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia