Sabtu, 15 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Sragen

Gading Gajah Purba Jadi Pemanis Alun-alun Sragen

13 September 2018, 20: 39: 25 WIB | editor : Perdana

AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO

AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO

SRAGEN – Penataan kawasan kota untuk ruang publik masyarakat Sragen terus dilakukan. Salah satunya adalah memperindah Alun-Alun Sasono Langen Putro dengan ornamen berbentuk gajah purba. Ornamen tersebut diyakini bakal memperkuat karakter dan ciri khas sejarah yang melekat pada Kabupaten Sragen.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kabupetan Sragen Zubaidi menyampaikan program penataan kota terus dilakukan.  Pada anggaran tahun lalu pihaknya telah memasang paving block.  Tahun ini direncanakan akan dilanjutkan dengan pemasangan repilka gading gajah purba, sebagai icon baru. 

”Penataan dilakukan sebagai upaya menjadikan alun-alun sebagai ruang publik yang nyaman bagi masyarakat, dan tentunya semakin menjadikan lokasi ini sebagai ikon Sragen,” terang Zubaidi.

Agar rencana tersebut terealisasi, Disperkim Sragen mengajukan anggaran Rp 800 juta pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2018. Pengajuan anggaran tersebut sudah masuk dalam draf dan diharapkan bisa disetujui legislatif. ”Kami sudah ajukan anggarannya di draf APBD perubahan 2018. Mudah-mudahan bisa disetujui agar program penataan alun-alun bisa direalisasikan,” tuturnya.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum ini menyampaikan dua replika gading gajah nantinya akan dipasang masing-masing di belakang air mancur. Replika gading gajah purba dipilih lantaran sudah menjadi ikon Sragen. Pihaknya juga sudah membuat presentasi dalam konsep tiga dimensi untuk penataan jangka panjang.

Di lokais ini juga nantinya akan dipasang pergola yang akan ditamami tumbuhan rambat agar suasana lebih asri. ”Jadi warga yang sedang berada di Alun-alun akan merasa teduh dan nyaman,” ujarnya.

Setelah pembangunan gading gajah dan pergola, pihaknya tidak berhenti menata kawasan alun-alun. Pada tahun depan dilaksanakan pembuatan area fitness mini di sisi selatan alun-alun. "Bukan fasilitas fitness yang lengkap, hanya beberapa peralatan sederhana nantinya yang dipasang. Joging track juga siap kami pasang disana,” bebernya. (din/nik)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia