Senin, 27 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Surakarta Delapan Kali Sabet WTP, Menkeu Beri Apresiasi

21 September 2018, 15: 55: 59 WIB | editor : Perdana

PRESTASI: Wakil Wali Kota Achmad Purnowo menerima tropi WTP dari Menkeu Sri Mulyani di Jakarta.

PRESTASI: Wakil Wali Kota Achmad Purnowo menerima tropi WTP dari Menkeu Sri Mulyani di Jakarta.

Share this      

SOLO - Menteri Keuangan (Menkeu) mengapresiasi Pemkot Surakarta yang konsisten memperoleh predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) selama delapan tahun berturut-turut. Atas prestasi itu, menkeu menilai keuangan pemkot dalam kondisi sehat.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo seusai menerima penghargaan atas prestasi menerima WTP lima tahun berturut-turut terhitung sejak 2013-2017. Menkeu juga memberikan penghargaan kepada 93 entitas kementerian/lembaga dan pemerintah daerah provinsi serta kabupaten/kota. 

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018. Rakernas tahun ini mengambil tema Pengelolaan Keuangan Negara yang Sehat untuk Indonesia Kuat. 

“Kita sudah WTP delapan kali, tetapi kemarin Kota Solo mendapatkan penghargaan karena lima kali berturut-turut WTP,” terang Achmad Purnomo, Kamis (20/9).

Dalam acara yang dihadiri oleh menteri/pimpinan lembaga, kepala daerah, sekretaris jenderal kementerian/lembaga, aparat pengawas intern itu Purnomo menyampaikan, penghargaan yang diperoleh dapat memperkuat komitmen bersama dalam meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance and clean government.

“Pemkot merupakan satu dari 15 kota yang kemarin menerima penghargaan tersebut. Menkeu bilang kalau WTP bukanlah akhir dalam menyusun laporan keuangan akan tetapi awal dari sebuah pekerjaan yang lebih baik lagi,” katanya.

Purnomo menambahkan, WTP bukan menjadi tolak ukur sebuah keberhasilan akan tetapi menjadi cambuk untuk menjadi lebih baik. “Ini adalah sebuah penghargaan atas kinerja bersama seluruh aparatur sipil negara (ASN) di pemkot dalam penyusunan laporan keuangan sehingga pada akhirnya kita semua bisa meraih penghargaan atas capaian lima tahun berturut-turut prestasi WTP,” katanya.

Sementara itu Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Surakarta Yosca Herman Soedrajad mengatakan, pemkot akan lebih meningkat lagi tata kelola keuangan yang akuntabel dan transparan.

“Semakin kita mendapatkan WTP, tentunya pengelolaan keuangan APBD Kota Solo akan lebih baik dan tertib serta manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” tandasnya. (irw/bun)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia