Jumat, 15 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Ekonomi & Bisnis

XL Axiata Gandeng Holcim Majukan UMKM

27 September 2018, 19: 10: 59 WIB | editor : Perdana

BERGUNA: Pelatihan bagi UMKM di Holcim Club House (25/9).

BERGUNA: Pelatihan bagi UMKM di Holcim Club House (25/9).

Share this      

JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan PT Holcim Indonesia (Holcim) bekerja sama memajukan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Kedua pihak berkomitmen membantu lebih dari 60 UMKM yang tersebar di berbagai lokasi di Jabodetabek.

Sesuai bidang usahanya, XL Axiata memberikan dukungan berupa akses internet cepat dan sejumlah pelatihan untuk mendorong produktivitas UMKM tersebut. Implementasi kerja sama ini ditandai melalui pelatihan di Holcim Club House, Naragong, Kabupaten Bogor, Selasa (25/9).

”Kami optimistis layanan XL Axiata membantu produktivitas penggunanya. Kami senang dapat kesempatan membantu puluhan pelaku UMKM yang ingin memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan produktivitas mereka. Dengan bantuan teknologi digital yang tepat, kami yakin UMKM bisa lebih maju dan bermanfaat bagi masyarakat dan ekonomi Indonesia,” kata Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communications XL Axiata.

GA & Community Relations Manager Holcim Indonesia Pabrik Narogong, Edi Prajitno, mengatakan, ini merupakan bentuk kerja sama yang sangat bagus antara XL Axiata dan Holcim. ” dengan kapasitas masing-masing, kami sharing resources. Saya yakin UMKM di Dapoer Sampireun di sini akan semakin sejahtera dengan kemampuan pemasaran digital yang mereka pelajari,” bebernya.

UMKM yang mendapat dukungan dari program ini mayoritas perempuan. Terutama produk kuliner, makanan kecil, hingga kerajinan tangan. Berupa usaha rumahan dengan skala penjualan relatif kecil dan pemasaran terbatas. Sebagian lainnya mulai berhasil memperluas area pemasaran dengan memanfaatkan layanan online dan e-commerce.

Dukungan internet cepat, XL Axiata memberi akses gratis selama setahun untuk pusat pembinaan UMKM bernama “Dapoer Sampireun” yang mendapatkan dukungan program dari Holcim. Dimanfaatkan untuk memasarkan produk lewat media sosial, mendukung kegiatan pembelajaran dan pengembangan, sistem administrasi digital, serta akses bagi konsumen ke pusat UMKM. Seluruh fasilitas yang diberikan bisa diakses oleh 240 UMKM lainnya yang terafiliasi dengan Dapoer Sampireun. (ser/fer)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia