Kamis, 23 Jan 2020
radarsolo
icon featured
Solo

Rudy Tiru Konsep City Walk ala Yerusalem  

05 Oktober 2018, 14: 27: 02 WIB | editor : Perdana

BERSIH: City walk di depan rumah dinas wali kota Loji Gandrung.

BERSIH: City walk di depan rumah dinas wali kota Loji Gandrung.

Share this      

SOLO – Setelah berkunjung ke beberapa negara dalam rangka ziarah, Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo telah tiba di Kota Solo, Rabu (3/10). Di sela kunjungannya, Rudy tetap mengamati tata kelola perkotaan yang disinggahinya, di antaranya soal city walk.

Yerusalem menjadi salah satu kota yang dianggap Rudy memiliki penataan baik. Yakni city walk rapi dan teduh. Orang nomor satu di Kota Solo itu berujar, tidak ada tanaman perdu di seluruh city walk. Yang ada hanya tanaman besar dan tinggi dengan kondisi dahan maupun ranting tertata rapi.

“Jadi kesannya tidak kumuh. City walk ya city walk saja, nggak ada tumbuhan perdu. Ada pohon besar tetapi jaraknya teratur, rapi,” jelasnya, Kamis (4/10).

Di Solo, lanjut Rudy, penghilangan tumbuhan perdu di city walk sempat menuai protes karena dianggap menghilangkan lahan hijau kota. Selain itu, pohon besar tidak tertata rapi. Jarak antara satu pohon dengan pohon lainnya tidak sama. Dahan dan ranting pohon dinilai mengganggu pandangan pengendara maupun pejalan kaki.

“Kalau di sana (Yerusalem, Red), bagian bawah pohon sampai empat meter itu bersih dari dahan. Dahan dan ranting itu di atas empat meter. Itu lebih padang (bersih, Red), pohonnya sendiri hidup dengan baik,” paparnya.

Ke depan, konsep city walk di Yerusalem akan diterapkan di city walk Jalan Slamet Riyadi. Wali Kota tak segan memotong dahan dan membersihkan tanaman perdu meski mendapat protes dari sejumlah pihak. (irw/wa)

(rs/irw/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia