Kamis, 13 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Solo
HUT TNI -73

TNI Galang Dana Gempa dan Tsunami Di Palu

06 Oktober 2018, 07: 00: 59 WIB | editor : Perdana

TNI Galang Dana Gempa dan Tsunami Di Palu

SOLO – Empati terhadap korban bencana di sejumlah daerah, perayaan hari ulang tahun (HUT) TNI ke 73 di Solo tidak dilakukan dengan gegap gempita. Mereka mengisi dengan kegiatan sosial penggalangan dana bagi para korban bencana gempa dan tsunami di Palu serta sejumlah acara dengan siswa sekolah.

Ratusan siswa SD di Kota Solo ini sengaja diundang ke Makorem 074/Warastratama di hari istimewa tersebut. Mereka kemudian “beradu kuat” melawan para tentara dari berbagai kesatuan ini. Sebanyak 300 siswa dari SD Kleco I dan II nekat melawan pasukan doreng tersebut. 

Tawa pun pecah ketika saat tali tambang sepanjang 110 meter ini berhasil ditarik dan dikuasai para siswa hingga membuat para tentara berjatuhan. Sebagai hukuman, para tentara harus menggendong para siswa lalu berlomba balap lari. 

Pelaksana Harian Kepala Staf Korem 074/Warastratama, Letkol (Inf) Murdjoko mengatakan, pada HUT TNI kali ini pihaknya memang sengaja mengundang ratusan siswa SD agar lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan TNI.  

Selain itu, pada momen tersebut Korem juga menggalang bantuan bagi korban gempa berupa uang tunai dan makanana. Bantuan yang telah terkumpul tersebut akan dikirim ke Donggala dan Palu melalui Kodam IV/Diponegoro. 

“Korem 074/Warastratama Surakarta berhasil mengumpulkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa dan tsunami di Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Sulteng berupa uang tunai sebesar Rp 41.360.000,” kata dia usai upacara peringatan HUT ke-73 TNI di halaman Makorem 074/Warastratama Surakarta, kemarin (5/10).

Selain uang tunai, bantuan juga berwujud barang dan makanan. Semua bantuan ini akan kita kirim ke Kodam IV/Diponegoro. Selanjutnya dikirim ke Palu. Aksi ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia. 

Sebelum melakukan penggalangan dana kemanusiaan, Korem juga menggelar upacara. Selain mengundang para veteran, jajaran Korem 074 juga mengundang perwakilan Kodim di eks Karesidenan Surakarta, perwakilan Kopassus, Kostrad, TNI Lanud Adi Soemarmo, dan TNI AL.

Setelah upacara, lanjutnya, diadakan kegiatan santai termasuk perlombaan dengan siswa SD. Hal ini sesuai amanat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Di lokasi lain, sejumlah umat Islam di Solo menggelar salat gaib usai menunaikan ibadah salat jumat di Masjid Agung Surakarta. Upaya ini dilakukan untuk mendoakan sejumlah korban meninggal dunia saat bencana melanda sejumlah wilayah di Sulteng. (ves/bun)

(rs/ves/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia