Minggu, 17 Nov 2019
radarsolo
icon featured
Sragen

JSIT Sragen Kenalkan Ibadah Haji Sejak Dini

08 Oktober 2018, 16: 30: 59 WIB | editor : Perdana

ANTUSIAS: Para siswa TK dari 16 lembaga di Sragen melakukan pembelajaran ibadah haji.

ANTUSIAS: Para siswa TK dari 16 lembaga di Sragen melakukan pembelajaran ibadah haji. (AHMAD KHAIRUDIN/RADAR SOLO)

Share this      

SRAGEN – Ratusan anak-anak tampak antusias belajar menjalankan simulasi ibadah haji, dalam kegiatan manasik haji yang digelar oleh Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Sragen di Lapangan Polres Sragen, Sabtu (6/7). 

Acara ini diikuti sekitar  661 siswa usia Taman Kanak-Kanak (TK) dari dari 16 lembaga dari berbagai wilayah di Kabupaten Sragen dan satu dari Kabupaten Sukoharjo 

Meski cuaca cukup terik, namun anak-anak tersebut cukup semangat. Dengan mengenakan pakaian ihram tampak menjalankanserangkaian rukun haji, seperti tawaf sambil membaca talbiyah, lempar jumrah dan sebagainya.

Ketua JSIT Sragen Syahrul Muflihun menyampaikan kegiatan ini mengenalkan rukun Islam yang kelima yakni ibadah haji. Tidak hanya teori saja, tetapi juga prakteknya.    

”Antusias anak-anak luar biasa, ini yang berangkat kelas TK B. Mereka jauh hari menunggu kegiatan manasik haji. Walau suasanya panas, mereka tetap semangat,” ujarnya.

Dia menyampaikan mengenalkan semua ibadah sejak dini itu sangat penting. Khususnya dalam rangka mengenalkan lima rukun Islam. Kegiatan ini juga dinilai sangat membantu mendidik anak-anak tentang ibadah haji. 

”Latihan manasik haji Ini kami adakan sebagai gambaran praktek langsung kepada anak-anak, di mana rukun Islam yang kelima itu sebenarnya wajib dilaksanakan,” jelasnya.

Dengan adanya manasik haji ini, anak akan menyadari bahwa rukun islam kelima itu wajib dilaksanakan jika mampu. Harapannya nanti mereka supaya benar-benar bisa berhaji dengan langkah yang benar, dan bisa membuka wawasan orang tua agar bisa menunaikan ibadah haji. 

Sementara, Ketua Panitia Manasik Haji, Siti Aisyah menyampaikan kegiatan ini bekerjasama dengan Polres Sragen. ”Kegiatan ini dilaksanakan tiap tahun, dan dua tahun berturut-turut ini kita menggelar di lapangan Polres Sragen,” terangnya. (sct/din/nik)

(rs/din/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia