Kamis, 18 Oct 2018
radarsolo
icon featured
Lifestyle

Kenalan Dengan Flambe, Metode Masak Yang Lagi Hapening

Kamis, 11 Oct 2018 16:10 | editor : Perdana

Kenalan Dengan Flambe, Metode Masak Yang Lagi Hapening

SOLO - Dengan Flambe, Kangkung Bagi pecinta kuliner, rasa menjadi salah satu prioritas. Untuk menghadirkan rasa dan aroma yang pas dan khas berbagai metode memasak tentu dilakukan oleh si juru masak atau chef. Nah teknik Flambe ini menjadi salah satu metode yang cukup hapening dan dirasa menarik

Executive Chef Hotel Sahid Jaya Solo, Danang Kusharjanto mengatakan flambe adalah prosedur memasak dengan menyalakan api pada masakan yang mengandung atau menggunakan alkohol. Namun, ternyata untuk menciptakan api pada masakan tak melulu menggunakan alkohol. Ada beberapa teknik yang bisa digunakan agar percikan api flambe tetap menyala. 

"Biasanya teknik itu menggunakan alkohol yang dimasukkan ke dalam masakan. Karena alkohol kan memicu panas. Namun, sebenarnya api bisa timbul dari percikan minyak goreng yang dipanaskan dengan api besar, kemudian dimasukkan bahan masakannya," kata Danang.

Danang menambahkan, teknik flambe seringkali dimanfaatkan untuk presentasi pinggir meja beberapa masakan, seperti Bananas Foster. Flambe sensiri dapat menambahkan aroma dan rasa suatu makanan. 

"Aroma yang khas dari flambe seperti ada bau-bau sangit namun menggugah selera. Selain itu juga menciptakan warna masakan yang lebih cantik," pungkasnya. (gis)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia