Rabu, 19 Dec 2018
radarsolo
icon featured
Lifestyle

Inilah Manfaat Tersembunyi Kangkung

11 Oktober 2018, 17: 30: 59 WIB | editor : Perdana

Inilah Manfaat Tersembunyi Kangkung

SOLO - Tak disangka, manfaat kangkung yang cukup unik adalah memerangi diabetes. Kangkung merupakan jenis sayuran yang sangat mudah untuk didapatkan dan harganya pun terjangkau. Selain itu, bagi yang suka bercocok tanam, kangkung menjadi salah satu tanaman yang mudah penanamannya. 

Salah satu dokter umum, dr Indriastuti menjelasakan bahwa kangkung merupakan jenis sayuran hijau yang kaya manfaat bagi tubuh. Beberapa diantaranya pencegahan terhadap diabetes. Kangkung menghasilkan zat-zat yang mampu menghambat penyerapan gula pada tubuh.

"Kangkung juga mampu mencegah Anemia. Karena terdapat zat besi yang dapat merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh. Kangkung sendiri memiliki vitamin B kompleks dan omega 3 yang membantu meningkatkan kinerja otak lebih baik. Baik disajikan untuk anak-anak juga," jelas dr. Indri.

Kangkung sebagai sumber yang sangat penting untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh anda. Penelitian yang dilakukan dengan subjek tikus telah membuktikan bahwa kangkung efektif untuk menurunkan kadar kolesterol serta triglyceride dalam darah. 

Tak hanya bermanfaat secara umum, kangkung juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan mampu membantu menjaga kondisi tubuh ibu ketika hamil. 

Baca juga: https://radarsolo.jawapos.com/read/2018/10/11/98279/kenalan-dengan-flambe-metode-masak-yang-lagi-hapening

Sayuran hijau ini juga bermanfaat bagi ibu hamil. Apalagi ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih lengkap untuk mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan. Beberapa diantaranya menjaga kesehatan tulang.

"Kangkung mengandung kalsium yang cukup tinggi dan sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Untuk ibu hamil sangat perlu sekali kalsium, karena untuk menjaga agar ibu tetap sehat selama hamil. Selain itu efeknya tak hanya pada ibu hamil tapi juga untuk janin dalam kandungan," terang dokter kandungan Ivanna B. (gis)

(rs/gis/per/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia