Rabu, 17 Oct 2018
radarsolo
icon featured
Solo

Satlantas Polresta Surakarta Gagas Kampung Tertib Lalu Lintas

Kamis, 11 Oct 2018 17:46 | editor : Perdana

Kompol Imam Syafii, Kasat Lantas Polresta Surakarta

Kompol Imam Syafii, Kasat Lantas Polresta Surakarta

SOLO – Sukses mengembangkan Kampung Antinarkoba, Polresta Surakarta kembali berinovasi dengan mencanangkan Kampung Tertib Lalu Lintas. Upaya ini guna menekan jumlah kecelakaan lalu lintas. 

“Bagi satuan wilayah (satwil,Red) yang kasus laka lantasnya mengalami kenaikan, diminta melakukan inovasi untuk menekan jumlah kecelakaan,” ujar Kasat Lantas Polresta Surakarta Kompol Imam Syafii kemarin (10/10). 

Setelah dilakukan survei, polresta memilih kawasan Kampung Dawung, Kelurahan/Kecamatan Serengan sebagai pilot project Kampung Tertib Lalu Lintas. Tidak ada syarat dan ketentuan khusus dalam penetapan kawasan tersebut.

“Tugasnya (warga Kampung Tertib Lalu Lintas, Red) membantu kampaye tertib berlalu lintas. Yang jelas antara kita dan masyarakat punya visi misi sama, yakni menciptakan ketertiban berlalu lintas,” jelasnya.

Contoh konkretnya, ketika ada pengendara motor yang melintasi kampung bersangkutan tanpa mengenakan helm berstandar, warga kampung akan mengingatkannya. 

Kanit Laka Satlantas Polresta Surakarta, Iptu Bambang Subekti menerangkan, kasus kecelakaan mengalami kenaikan sekitar 17,9 persen. Yakni pada 2017 terjadi 495 kasus, sedangkan hingga Oktober 2018 sekitar 603 kasus.

“untuk tahun lalu, 53 orang meninggal. Tahun ini 43 orang. Sedangkan untuk korban luka ringan naik dari 503 orang menjadi 649 orang. Rata-rata kecelakaan terjadi karena human error,” pungkas Bambang. (atn/wa)

(rs/atn/per/JPR)

 TOP

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia