Rabu, 17 Oct 2018
radarsolo
icon featured
Sukoharjo

3 Peneliti Bongkar Misteri Candi Sirih

Kamis, 11 Oct 2018 18:35 | editor : Perdana

BERSEJARAH: Candi Sirih di Desa Watu Kelir, Kecamatan Weru yang menjadi objek penelitian.

BERSEJARAH: Candi Sirih di Desa Watu Kelir, Kecamatan Weru yang menjadi objek penelitian. (RYANTONO P.S/RADAR SOLO)

SUKOHARJO – Tiga peneliti asal Jogja mulai meneliti Candi Sirih di Desa Watu Kelir, Kecamatan Weru kemarin (10/10). Mereka juga mengamati sejumlah potensi yang bisa dikembangkan di tempat tersebut.

Pemerhati budaya dari Kota Makmur Bimo Kokor Wijanarko menduga, candi tersebut masih berkaitan dengan ibu kota Mataram Hindu. Dahulu, warga di sekitar candi mayoritas beragam Hindu. Mereka harus pergi ke Jogjakarta untuk beribadah karena di lokasi setempat awalnya tidak tersedia candi.

“Sebab itu, para tetua menyarankan warga membangun candi pada abad 8-10,” jelas Kokor. Seiring berjalanya waktu, penduduk sekitar tidak mengetahui bahwa susunan batu tersebut merupakan candi. Baru sekitar 2001, warga mulai menyadarinya.

Untuk memastikan umur candi, lanjut Kokor, tiga peneliti turun ke lokasi. Mereka adalah Baskoro Daru Tjahjono seorang peneliti senior dari balai arkeologi Jogjakarta. Ditambah dua peneliti yakni Thesla Maria Rita Istari dan Andreas Eka Atmojo. Mereka akan melakukan penelitian selama satu tahun ke depan.

Kokor berharap, penelitian tersebut menghasilkan hal positif bagi warga setempat dan pemerintah daerah. Di antaranya dapat mengembangkan sektor pariwisata. (yan/wa)

(rs/yan/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia