Sabtu, 17 Nov 2018
radarsolo
icon featured
Karanganyar

Ini Penampakan Uang "Edisi Terbatas" Dari BI

Rabu, 17 Oct 2018 16:10 | editor : Perdana

Ini Penampakan Uang "Edisi Terbatas" Dari BI

KARANGANYAR - Tabita Ciptaningrum Putri, 19 pelapor peredaran uang palsu (upal) di Karanganyar mendapatkan penghargaan (reward) dari Bank Indonesia.

Penghargaan yang dia terima berupa uang edisi khusus yang unik. Jika dilihat, sepintas uang itu hanya pecahan Rp 20 ribu yang digabung menjadi satu cetakan. Namun menurut Perwakilan BI Solo, Bakti Artanta, uang tersebut banyak dicari kolektor.

Penampakan Uang Edisi terbatas

Penampakan Uang Edisi terbatas

"BI hanya mencetak secara terbatas. Kalau dijual harganya bisa ratusan ribu, pernah ada yang beli Rp 400 ribu. Tapi kalau sudah dipotong jadi dua nilainya kembali seperti semula, hanya Rp 20 ribu," jelasnya.

Selain uang pecahan Rp 20 ribu, BI juga mengeluarkan uang edisi khusus lainnya. Uang tersebut hanya dicetak oleh BI dan Perum Peruri.

Baca juga:Simpan Upal, PNS Karanganyar Ditangkap

"Uang edisi khusus ini kita berikan sebagai bentuk penghargaan karena yang bersangkutan kooperatif. Kami juga berpesan kepada masyarakat untuk melaporkan setiap ada temuan uang palsu, laporannya bisa langsung ke BI," jelasnya.

Karyawan toko Handphone di Solo itu dianggap turut serta dalam memberantas peredaran upal. Tabita melaporkan upal temuannya kepada Polres Karanganyar Kamis (27/9) lalu. (adi)

(rs/adi/per/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia